Kode Mata KuliahKL3110 / 3 SKS
Penyelenggara155 - Ocean Engineering / FTSL
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahHidrologi dan Infrastruktur TambakHydrology and Fisheries/Salt Pond Infrastructure
Bahan Kajian
  1. Pengenalan budidaya garam dan permasalahannya
  2. Konsep daerah pengaliran sungai
  3. Perhitungan curah hujan rencana
  4. Debit banjir dan debit andalan
  5. Evapotranspirasi
  6. Konsep pemodelan tata air tambak ikan/udang dan garam
  7. Konsep desain tambak garam, ikan, dan udang
  8. Studi kasus desain rinci tambak
  1. Introduction to Salt Cultivation and Its Issues
  2. Concept of River Basin
  3. Calculation of Design Rainfall
  4. Flood Discharge and Reliable Discharge
  5. Evapotranspiration
  6. Water Management Modeling Concept for Fish/Shrimp and Salt Pond
  7. Design Concept for Salt, Fish, and Shrimp Pond
  8. Detailed Case Study of Pond Desig
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menjelaskan perencanaan dan desain infrastruktur yang mendukung budidaya perikanan dan garam dan sesuai dengan kebutuhan.
  2. Mampu mengidentifikasi jenis-jenis budidaya perikanan guna mendukung pengetahuan akan potensi dan tantangan dalam bidang perikanan.
  3. Mampu menghitung hidrologi kawasan guna pemahaman terhadap prinsip dasar rekayasa.
  4. Mampu menghasilkan sistem tata air yang sesuai dengan kebutuhan.
  5. Mampu menghitung evapotranspirasi guna pemahaman terhadap prinsip dasar rekayasa.
  6. Mampu menghasilkan desain rinci tata air tambak yang sesuai dengan kebutuhan dan dalam batasan teknis dan lingkungan yang ada.
  1. Capable of explaining the planning and design of infrastructure that supports aquaculture and salt cultivation, and meets the needs.
  2. Capable of identifying types of aquaculture to support knowledge of the potential and challenges in the fisheries field.
  3. Capable of calculating area hydrology for understanding basic engineering principles.
  4. Capable of producing a water management system that meets the needs.
  5. Capable of calculating evapotranspiration for understanding basic engineering principles.
  6. Capable of producing detailed water management designs for ponds that meet the needs and within existing technical and environmental constraints.
Metode PembelajaranKuliah dan TutorialLecture and tutorial
Modalitas Pembelajaran- Segi penyerapan: visual dan auditorial - Segi pelaksanaan: sinkronusIn terms of absorption: visual and auditory In terms of implementation: synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPekerjaan rumah, kuis, ujian tengah semester, ujian akhir, studi lapangan, dan diskusi kelasHomework, quiz, midterm exam, final exam, field study, and class discussion
Catatan Tambahan