Kode Mata Kuliah | KL3110 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 155 - Ocean Engineering / FTSL |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Hidrologi dan Infrastruktur Tambak | Hydrology and Fisheries/Salt Pond Infrastructure |
---|
Bahan Kajian | - Pengenalan budidaya garam dan permasalahannya
- Konsep daerah pengaliran sungai
- Perhitungan curah hujan rencana
- Debit banjir dan debit andalan
- Evapotranspirasi
- Konsep pemodelan tata air tambak ikan/udang dan garam
- Konsep desain tambak garam, ikan, dan udang
- Studi kasus desain rinci tambak
| - Introduction to Salt Cultivation and Its Issues
- Concept of River Basin
- Calculation of Design Rainfall
- Flood Discharge and Reliable Discharge
- Evapotranspiration
- Water Management Modeling Concept for Fish/Shrimp and Salt Pond
- Design Concept for Salt, Fish, and Shrimp Pond
- Detailed Case Study of Pond Desig
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan perencanaan dan desain infrastruktur yang mendukung budidaya perikanan dan garam dan sesuai dengan kebutuhan.
- Mampu mengidentifikasi jenis-jenis budidaya perikanan guna mendukung pengetahuan akan potensi dan tantangan dalam bidang perikanan.
- Mampu menghitung hidrologi kawasan guna pemahaman terhadap prinsip dasar rekayasa.
- Mampu menghasilkan sistem tata air yang sesuai dengan kebutuhan.
- Mampu menghitung evapotranspirasi guna pemahaman terhadap prinsip dasar rekayasa.
- Mampu menghasilkan desain rinci tata air tambak yang sesuai dengan kebutuhan dan dalam batasan teknis dan lingkungan yang ada.
| - Capable of explaining the planning and design of infrastructure that supports aquaculture and salt cultivation, and meets the needs.
- Capable of identifying types of aquaculture to support knowledge of the potential and challenges in the fisheries field.
- Capable of calculating area hydrology for understanding basic engineering principles.
- Capable of producing a water management system that meets the needs.
- Capable of calculating evapotranspiration for understanding basic engineering principles.
- Capable of producing detailed water management designs for ponds that meet the needs and within existing technical and environmental constraints.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah dan Tutorial | Lecture and tutorial |
---|
Modalitas Pembelajaran | - Segi penyerapan: visual dan auditorial
- Segi pelaksanaan: sinkronus | In terms of absorption: visual and auditory
In terms of implementation: synchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Pekerjaan rumah, kuis, ujian tengah semester, ujian akhir, studi lapangan, dan diskusi kelas | Homework, quiz, midterm exam, final exam, field study, and class discussion |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|