Kode Mata Kuliah | TM7100 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 322 - Petroleum Engineering / FTTM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Filsafat Ilmu Pengetahuan | Philosophy of Science |
---|
Bahan Kajian | - Struktur, batas dan wewenang ilmu pengetahuan, agama, teknologi, seni maupun ilmu sosial dan kemasyarakatan. Interaksi antar domain yang mempengaruhi penelitian ilmiah, termasuk kriteria demarkasi, serta pengenalan kecerdasan buatan dan dampaknya pada praktek ilmiah
- Filsafat ilmu, sejarah, dan proses pengembangan ilmu pengetahuan
- Kesamaan dan perbedaan dalam filsafat pengembangan keilmuan antara hard science, ilmu sosial, seni, dan teknologi, serta pertanyaan dan debat filosofis yang relevan dengan setiap disiplin ilmiah.
- Metoda pengembangan ilmu pengetahuan berbasis eksperimen, teori ataupun simulasi/berbasis teknologi (termasuk kecerdasan buatan)
- Etika dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Rambu-rambu dan batasan dalam pengembangan keilmuan dalam kaitannya dengan agama serta nilai- nilai kemasyarakatan
- Filsafat sains dan artificial intelligence, perkembangan teknologi AI dalam memengaruhi praktik dan metodologi ilmiah tradisional serta implikasi filosofis dan etisnya.
| - basic concepts and historical development of the philosophy of science.
- critical analysis and compiling philosophical arguments related to scientific issues
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa memahami konsep dasar dan sejarah perkembangan filsafat ilmu pengetahuan.
- Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi teori serta argumen dalam filsafat ilmu pengetahuan.
- Mahasiswa dapat melakukan analisis kritis dan menyusun argumen filosofis terkait isu-isu ilmu pengetahuan.
- Mahasiswa menunjukkan sikap apresiatif, integritas akademik, dan rasa ingin tahu dalam belajar filsafat ilmu pengetahuan.
- Mampu memahami proses pengembangan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi secara benar dengan menjunjung tinggi etika
- Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi melalui riset dengan pendekatan multidisiplin dan integratif, sambil tetap menguasai keahlian dalam disiplin ilmu tertentu.
- Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi yang muncul dan paradigma ilmiah baru, termasuk kecerdasan buatan (AI), serta secara kritis mengevaluasi implikasinya terhadap praktik dan pemahaman ilmu pengetahuan. Mampu mengembangkan pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidangnya yang menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji.
| - Students understand the basic concepts and history of the development of the philosophy of science.
- Students are able to analyze and evaluate theories and arguments in the philosophy of science.
- Students can carry out critical analysis and compose philosophical arguments related to scientific issues.
- Students demonstrate an appreciative attitude, academic integrity, and curiosity in studying the philosophy of science.
|
---|
Metode Pembelajaran | Pembelajaran Berbasis Masalah
Diskusi Seminar dan Presentasi
Studi Kasus
Kuliah, diskusi, kerja kelompok, kerja mandiri | Problem Based Learning
Seminar Discussions and Presentations
Case study |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring, Mandiri
Pembelajaran aktif, topik-topik khusus | Offline, Self study |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis
Tugas
Ujian Tengah Semester
Ujian Akhir Semester
Ujian tertulis, karya tulis, presentasi | Quiz
Task
Mid-term Exam
Final Exam |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|