Kode Mata KuliahDP2101 / 2 SKS
Penyelenggara175 - Product Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSemantika ProdukProduct Semantics
Bahan Kajian
  1. Pengertian dan Dimensi Semantika Produk (SP)
  2. Semantika Produk (SP) sebagai Bahasa Desain
  3. Transformasi Nilai dan Makna Obyek Desain
  4. Prinsip Evaluasi Psiko-fisikal Obyek Desain
  5. Penerapan SP dalam Proses Perancangan Produk
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kajian obyek desain berdasarkan pengetahuan semantika produk: 1.1. Mampu menguraikan pengertian dan dimensi kajian SP dengan baik (dimensi 2.1 describe) 1.2. Mampu menerapkan/mengalihkan pengetahuan SP dalam proses perancangan produk dengan baik (dimensi 2.2 interpret) 1.3. Mampu mengerjakan berbagai metode evaluasi obyek desain berbasis pengetahuan SP secara sistematis (dimensi 2.3 experiment)
    2. Mahasiswa dapat menyusun dan menyajikan informasi hasil kajian obyek desain dalam bentuk tulisan (textual), lisan (verbal), dan visual: 2.1. Mampu menyampaikan hasil kajian obyek desain secara tertulis (textual) dengan baik (dimensi 2.4 explain) 2.2. Mampu menyampaikan argumen dan jawaban lisan atas pertanyaan dengan baik (dimensi 2.4 explain) 2.3. Mampu menyajikan hasil kajian yang dikerjakannya secara visual dengan baik (dimensi 2.4 explain)
    3. Mahasiswa dapat bekerjasama secara berkelompok untuk mengkaji obyek desain menggunakan pengetahuan SP: 3.1. Mampu merencanakan dan mengelola kegiatan kerja kelompok secara mandiri dan bertanggungjawab sesuai dengan lingkup pekerjaan yang dilaksanakannya (dimensi 2.5 assess dan dimensi 2.6 plan)
      Metode Pembelajaran60% Pembelajaran kelas (classroom) dan 40% Pembelajaran kolaboratif (collaborative learning)
      Modalitas Pembelajaran60% luring dan 40% bauran/hybrid
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianKehadiran. 5% Partisipasi. 5% Tugas (2 buah, @20%). 40% Ujian Tengah Semester. 20% Ujian Akhir Semester 30%
      Catatan Tambahan