Kode Mata KuliahDP2002 / 5 SKS
Penyelenggara175 - Product Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDesain Produk IIIndustrial Design II
Bahan Kajian
  1. Metode dalam memahami dan mengidentifikasi permasalahan, peluang, dan atau kebutuhan penggunaan produk.
  2. Berbagai prinsip sains dan rekayasa, serta penerapannya pada produk.
  3. Metode eksperimen dan pendekatan empirik dalam menghasilkan ide pemecahan masalah dan konsep desain dari produknya.
  4. Berbagai alternatif teknik dan proses produksi dalam pembuatan komponen dan atau produk.
  5. Visualisasi proses desain, deskripsi, dan dokumentasi hasil perancangan dari Tugas Kuliah.
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu mengamati dan memahami permasalahan, peluang dan atau kebutuhan yang berkaitan dengan penggunaan alat dan atau mesin sederhana untuk fungsi praktis tertentu.
    2. Mahasiswa mampu menggunakan peralatan dasar dan mesin sederhana untuk kebutuhan proses eksperimen dan coba ralat untuk memahami prinsip-prinsip sains dan rekayasa.
    3. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar rekayasa dan mampu menerapkannya pada suatu produk sederhana yang menekankan pada fungsi praktis tertentu secara teoretis dan empiris.
    4. Mahasiswa memiliki kemampuan visualisasi secara manual (freehand sketching) dalam proses pengembangan desain, presentasi gagasan, dan konsep desain, serta dokumentasi produk hasil desain.
    5. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar ergonomi dalam produk hasil rancangannya.
    6. Mahasiswa mampu menelusuri, mendapatkan, dan menganalisi data dan rujukan teoretis dan atau empiris secara spesifik dan komprehensif dari sumber yang kredibel, terkait dengan tema perancangan produk desainnya.
      Metode PembelajaranPembelajaran kelas, kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran berbasis masalah dan studi kasus, eksperimen dan coba ralat.
      Modalitas PembelajaranLuring dan bauran; Individual dan kelompok.
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianKuis, UTS Teori, UAS Teori, dan Tugas Perancangan dan Pembuatan Produk; Nilai yang digunakan merupakan nilai relatif berdasarkan nilai tertinggi yang telah dicapai oleh peserta kelas yang akan menjadi standar bagi nilai peserta lainnya.
      Catatan Tambahan