Kode Mata Kuliah | DP3103 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 175 - Product Design / FSRD |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Sejarah Desain | History of Design |
---|
Bahan Kajian | - Memahami proses transformasi dalam sejarah perkembangan desain.
- Awal Peradaban Bangsa-bangsa (Mesir Kuno, Yunani Kuno, Romawi – Babylonia, Cina – India).
- Bibit Desain Modern (Masa Kegelapan hingga abad Renesans, Revolusi Industri dan Pengaruhnya, Gerakan Anti Industri, Art Nouveau, Modernisme).
- Fenomena Modernisme (Produksi Massa, Bauhaus, Estetika Mesin, Gaya Hidup Baru).
- Dinamika Gaya Modern (Futurisme, Art Deco dan De Stijl, Streamlining).
- Modernisme baru dan Post Modernisme.
- Desain Nusantara dan Indonesia.
- Perkembangan Desain Produk di Indonesia.
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa diharapkan mampu melakukan analisa latar belakang sejarah munculnya suatu desain dan menerapkannya sebagai aspek pertimbangan dalam pengembangan desain lebih lanjut.
- Mahasiswa mampu memahami lebih mendalam fenomena budaya benda/ desain dan menganalisa peran benda/ desain tersebut di masyarakat.
- Mahasiswa mampu bekerja sama dengan baik dalam melakukan analisa latar belakang sejarah desain dan menyampaikannya dengan baik secara terstruktur dengan bantuan ilustrasi visual.
- Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman sejarah dan budaya secara umum dan khususnya sejarah desain Indonesia.
- Mahasiswa mampu memahami sejarah perkembangan desain produk di Indonesia.
- Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa latar belakang, gaya desain dan pemikiran para tokoh desainer di Eropa, Amerika dan Asia.
- Mahasiswa mampu memahami akar kebudayaan, masuknya kebudayaan Barat dan sejarah perkembangan desain secara umum di Indonesia dan memahami pemikiran berbagai tokoh desain di Indonesia.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Pemberian materi, object biography, design trend learning dan studi kasus | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran sinkron dan asinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | tugas sketsa (15%), tugas literatur review (10%), tugas kelompok (20%), UTS (20%), UAS (30%) | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|