Kode Mata KuliahDP4005 / 5 SKS
Penyelenggara175 - Product Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDesain Produk VIndustrial Design V
Bahan Kajian
  1. Identifikasi Nilai Budaya Lokal
  2. Pendekatan Sosial Budaya dalam Desain Produk
  3. Keberlanjutan Lingkungan dalam Desain Produk
  4. Isu Sosial dalam Desain Produk
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mampu menguraikan pengertian dan dimensi nilai budaya lokal (Dimensi 2.1 Describe)
    2. Mampu menginterpretasi berbagai sumber rujukan berkenaan dengan nilai budaya lokal (Dimensi 2.2 Interpret)
    3. Mampu menerapkan berbagai metode kajian nilai budaya lokal dalam konteks desain produk (Dimensi 2.3 Experiment)
    4. Mampu menjelaskan peran nilai budaya lokal dalam desain produk (Dimensi 2.4 Explain)
    5. Mampu menyampaikan hasil analisis kebutuhan masyarakat pengguna produk dengan baik (Dimensi 2.4 Explain)
    6. Mampu mengkaji dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat pengguna produk dengan prinsip keberlanjutan lingkungan (Dimensi 2.5 Assess)
    7. Mampu menyusun hasil analisis kebutuhan dan keberlanjutan lingkungan secara tertulis dengan struktur kalimat yang baik dan mudah dipahami (Dimensi 2.6 Plan)
    8. Mampu melaksanakan proses diskusi dalam kelompok secara mandiri untuk merancang produk berbasis sosial budaya (Dimensi 2.5 Assess)
    9. Mampu merencanakan dan menjalankan tugas kelompok bersama-sama secara bertanggung jawab dalam konteks desain sosial budaya (Dimensi 2.6 Plan)
      Metode Pembelajaran(1) Penyampaian Topik: Dosen memberikan materi secara lisan dengan bantuan slide presentasi untuk memperkenalkan konsep dasar dan topik yang relevan. (2) Diskusi: Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan topik tertentu, bertukar pandangan, dan menyampaikan hasil diskusi. (3) Asistensi: Dosen memberikan bimbingan dan asistensi secara langsung kepada mahasiswa terkait proyek yang sedang dikerjakan. (4) Presentasi Proyek: Mahasiswa mempresentasikan hasil tugas atau proyek yang telah mereka kerjakan di depan kelas.
      Modalitas PembelajaranLuring (Offline): Kuliah tatap muka, praktikum, dan presentasi. Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning.
      Jenis NilaiABCDE
      Metode Penilaian(1) Kehadiran: Penilaian berdasarkan kehadiran dan asistensi mahasiswa (10%) (2) Tugas Individu: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (40%). (3) Ujian Tengah Semester (UTS): Penilaian kemampuan pemahaman teori dan aplikasi konsep yang telah diajarkan (20%). (4) Ujian Akhir Semester (UAS): Penilaian keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang diajarkan (30%).
      Catatan Tambahan