Kode Mata Kuliah | DP4005 / 5 SKS |
---|
Penyelenggara | 175 - Product Design / FSRD |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Desain Produk V | Industrial Design V |
---|
Bahan Kajian | - Identifikasi Nilai Budaya Lokal
- Pendekatan Sosial Budaya dalam Desain Produk
- Keberlanjutan Lingkungan dalam Desain Produk
- Isu Sosial dalam Desain Produk
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menguraikan pengertian dan dimensi nilai budaya lokal (Dimensi 2.1 Describe)
- Mampu menginterpretasi berbagai sumber rujukan berkenaan dengan nilai budaya lokal (Dimensi 2.2 Interpret)
- Mampu menerapkan berbagai metode kajian nilai budaya lokal dalam konteks desain produk (Dimensi 2.3 Experiment)
- Mampu menjelaskan peran nilai budaya lokal dalam desain produk (Dimensi 2.4 Explain)
- Mampu menyampaikan hasil analisis kebutuhan masyarakat pengguna produk dengan baik (Dimensi 2.4 Explain)
- Mampu mengkaji dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat pengguna produk dengan prinsip keberlanjutan lingkungan (Dimensi 2.5 Assess)
- Mampu menyusun hasil analisis kebutuhan dan keberlanjutan lingkungan secara tertulis dengan struktur kalimat yang baik dan mudah dipahami (Dimensi 2.6 Plan)
- Mampu melaksanakan proses diskusi dalam kelompok secara mandiri untuk merancang produk berbasis sosial budaya (Dimensi 2.5 Assess)
- Mampu merencanakan dan menjalankan tugas kelompok bersama-sama secara bertanggung jawab dalam konteks desain sosial budaya (Dimensi 2.6 Plan)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | (1) Penyampaian Topik: Dosen memberikan materi secara lisan dengan bantuan slide presentasi untuk memperkenalkan konsep dasar dan topik yang relevan.
(2) Diskusi: Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan topik tertentu, bertukar pandangan, dan menyampaikan hasil diskusi.
(3) Asistensi: Dosen memberikan bimbingan dan asistensi secara langsung kepada mahasiswa terkait proyek yang sedang dikerjakan.
(4) Presentasi Proyek: Mahasiswa mempresentasikan hasil tugas atau proyek yang telah mereka kerjakan di depan kelas. | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring (Offline): Kuliah tatap muka, praktikum, dan presentasi.
Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning. | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | (1) Kehadiran: Penilaian berdasarkan kehadiran dan asistensi mahasiswa (10%)
(2) Tugas Individu: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (40%).
(3) Ujian Tengah Semester (UTS): Penilaian kemampuan pemahaman teori dan aplikasi konsep yang telah diajarkan (20%).
(4) Ujian Akhir Semester (UAS): Penilaian keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang diajarkan (30%). | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|