Kode Mata Kuliah | DP4092 / 6 SKS |
---|
Penyelenggara | 175 - Product Design / FSRD |
---|
Kategori | Final Project / Thesis / Dissertation |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Tugas Akhir Desain Produk | Final Project of Industrial Design |
---|
Bahan Kajian | - Pemahaman mengenai perancangan secara komprehensif
- Pemahaman terhadap permasalahan yang diangkat
- Perancangan produk
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - 1. Mampu merancang produk atau sistem yang inovatif dan berkelanjutan, mulai dari investigasi masalah, eksplorasi ide yang kreatif, hingga identifikasi solusi yang relevan dan efektif, dengan memanfaatkan alat-alat desain digital dan teknik fabrikasi canggih;
CPL 01; dimensi 2.6 Plan,
1.1. Mampu merancang produk berdasarkan permasalahan yang diangkat secara kreatif dan inovatif
1.2.Mampu mellihat permasalahan secara komprehensip dengan memanfaatkan teknologi yang tepat sesuai dengan jamannya.
- 2. Mampu menerapkan pengetahuan riset desain untuk mengkaji, mengevaluasi dan menjelaskan obyek desain secara sistematis;
CPL 03; dimensi 4.2 Execute
2.1. Mampu menghasilkan desain yang baik melalui metode yang benar
- 3. Mampu mengkomunikasikan konsep desain secara efektif dan kreatif melalui berbagai medium (visual, verbal, dan tekstual), memastikan gagasan desain dapat dipahami oleh berbagai audiens, termasuk para stakeholder dan pelanggan;
CPL 04; dimensi 4.3 Construct:
3.1.Mampu menterjemahkan konsep desain dari permasalahan yang diangkat sbaik secara visual atau verbal
3.2. Mampu mengkomunikasikan desain secara visual yang sesuai dengan permasalahan yang diangkat
- 4. Menguasai metodologi perancangan yang komprehensif, mulai dari konsepsi hingga implementasi, dengan menerapkan pengetahuan tentang bahan, proses, dan durabilitas produk dalam menciptakan solusi yang praktis dan inovatif;
CPL 07; dimensi 2.4 Experiment:
4.1.Mampu menerapkan metode desain dengan menghasilkan beberapa alternatif desain
4.2. Mampu melakukan ujicoba-ujicoba desain dengan memanfaatkan material yang sesuai
|
|
---|
Metode Pembelajaran | 20% Pembelajaran kelas (classroom) dan 80% Pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran, sinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Sidang Preview I (30%), Sidang Preview II(30%), Sidang Akhir(40%) | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|