Kode Mata KuliahDP3113 / 3 SKS
Penyelenggara175 - Product Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDesain KonseptualConceptual Design
Bahan Kajian
  1. Kebutuhan dan Isu Masa Depan: 1. Analisis kebutuhan manusia di masa depan 2. Identifikasi isu-isu global yang mempengaruhi desain
  2. Tren Desain Masa Depan: 1. Studi tren desain masa depan berdasarkan data dan penelitian 2. Inovasi dan gagasan baru dalam perancangan desain
  3. Desain Spekulatif: 1. Konsep dan pendekatan dalam desain spekulatif 2. Studi kasus desain spekulatif yang berhasil
  4. Metodologi Perancangan untuk Masa Depan: 1. Metode penelitian dan analisis untuk memahami tren dan kebutuhan masa depan 2. Proses kreatif dalam merancang konsep desain inovatif
  5. Presentasi dan Dokumentasi Desain Konseptual
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mampu menguraikan konsep-konsep dasar terkait kebutuhan manusia di masa depan (Dimensi 2.1 Describe)
    2. Mampu menganalisis persoalan-persoalan yang kemungkinan terjadi di masa depan (Dimensi 2.5 Assess)
    3. CPMK 1.3: Mampu mengkaji tren desain masa depan berdasarkan penelitian dan data yang relevan (Dimensi 2.4 Explain)
    4. Mampu merancang desain spekulatif yang inovatif untuk masa depan (Dimensi 2.6 Plan)
    5. Mampu menyusun konsep desain baru yang relevan dengan tren masa depan (Dimensi 2.3 Apply)
    6. Mampu mempresentasikan hasil rancangan konsep desain masa depan secara visual, verbal, dan tekstual (Dimensi 2.4 Explain)
    7. CPMK 3.1: Mampu melakukan kegiatan studi lapangan sebagai bagian dari praktikum untuk mengaplikasikan teori ke dalam bentuk sketsa, model, dan produk/desain yang dibuat secara berkelompok (Dimensi 2.6 Plan)
    8. CPMK 3.2: Mampu mewujudkan gagasan hasil rancangan dan konsep ke dalam bentuk sketsa, model, dan produk/desain yang dibuat secara berkelompok (Dimensi 2.6 Plan)
      Metode Pembelajaran(1) Pemaparan Teori: Dosen memberikan penjelasan teori menggunakan slide presentasi untuk memperkenalkan konsep dasar dan topik yang relevan. (2) Diskusi: Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk bertukar pandangan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. (3) Studi Lapangan: Mahasiswa melakukan kunjungan lapangan untuk mengamati tren desain dan kebutuhan masa depan secara langsung. (4) Praktikum: Mahasiswa melakukan praktikum untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam bentuk sketsa dan model. (5) Presentasi Proyek: Mahasiswa mempresentasikan hasil tugas atau proyek yang telah mereka kerjakan di depan kelas.
      Modalitas PembelajaranLuring (Offline): Kuliah tatap muka, praktikum, dan presentasi. Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning.
      Jenis NilaiABCDE
      Metode Penilaian(1) Kehadiran & partisipasi: Penilaian berdasarkan kehadiran dan asistensi mahasiswa (10%) (2) Tugas Kelompok: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (30%). (3) Ujian Tengah Semester (UTS): Penilaian kemampuan pemahaman teori dan aplikasi konsep yang telah diajarkan (30%). (4) Ujian Akhir Semester (UAS): Penilaian keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang diajarkan (30%).
      Catatan Tambahan