Kode Mata Kuliah | DP3224 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 175 - Product Design / FSRD |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Projek Lintas Disiplin | Interdisciplinary Projects |
---|
Bahan Kajian | - Design Thinking sebagai Landasan Kerja Lintas Disiplin
- Identifikasi Isu, Perumusan Masalah, dan Riset Pendahuluan (Emphatize)
- Pengembangan Konsep dan Gagasan Solutif (Define)
- Eksplorasi Solusi dan Implementasi (Ideate)
- Pembuatan Prototip/Model (Prototype)
- Pengujian dan Evaluasi (Test and Iteration)
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa dapat mengembangkan solusi desain yang relevan dan inovatif:
1.1. Mampu menerapkan prinsip dan metode design thinking dengan baik, untuk memahami permasalahan dan mengenali kebutuhan pengguna (dimensi 4.1 appropriate use)
1.2. Mampu menyintesa dan mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai disiplin keilmuan untuk mengembangkan solusi desain yang holistik dan inovatif. (dimensi 4.2 execute)
1.3. Mampu melakukan evaluasi atas dampak/pengaruh dan keefektifan solusi desain yang dihasilkan secara sistematis (dimensi 4.3 construct)
1.4. Mampu melakukan refleksi atas proses dan solusi desain yang dihasilkan (dimensi 4.4 achieve)
- Mahasiswa dapat menyampaikan informasi desain kepada audiens secara efektif dan persuasif:
2.1. Mampu mengomunikasikan hasil proses identifikasi, analisis, dan sintesa data dalam bentuk lisan dan tulisan dengan baik (dimensi 3.6 compose)
2.2. Mampu menyajikan proses studi, hasil pengembangan dan evaluasi atas solusi desain dalam bentuk visual dengan baik (dimensi 3.6 compose)
- Mahasiswa dapat berkolaborasi untuk memecahkan permasalahan desain nyata (riil) secara bersama-sama:
3.1. Mampu merancang dan mengarahkan proses diskusi kelompok secara aktif (dimensi 4.3 construct)
3.2. Mampu melaksanakan tugas kelompok secara bertanggungjawab (dimensi 4.4 action)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | 20% Pembelajaran kelas (classroom) dan 80% Pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) berbasis tugas kelompok (team-based) | |
---|
Modalitas Pembelajaran | 20% luring dan 50% bauran/hybrid | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kehadiran. 5%
Partisipasi. 5%
Tugas (1 buah) 50%
Ujian Tengah Semester. 20%
Ujian Akhir Semester 20% | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|