Kode Mata KuliahDP3243 / 3 SKS
Penyelenggara175 - Product Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDesain BiomimikriBiomimicry Design
Bahan Kajian
  1. Pendahuluan Biomimikri Definisi dan sejarah biomimikri. Prinsip-prinsip dasar biomimikri. Pentingnya biomimikri dalam desain dan inovasi.
  2. Biologi untuk Desainer: Pengantar biologi yang relevan bagi desainer. Penelitian tentang bagaimana organisme dan ekosistem alam memecahkan masalah.
  3. Studi Kasus dan Contoh Aplikasi Biomimikri Analisis studi kasus dari berbagai pihak yang telah berhasil mengimplementasikan biomimikri. Aplikasi biomimikri dalam desain, arsitektur, produk industri, teknologi, kesehatan, dan lain-lain.
  4. Metodologi Biomimikri Pendekatan sistematis untuk mengamati, memahami, dan menerapkan prinsip-prinsip alam dalam desain. Langkah-langkah proses desain biomimikri: menemukan inspirasi alam, mengidentifikasi prinsip desain, dan mengimplementasikan dalam solusi desain.
  5. Observasi dan Inspirasi Alam: Kegiatan lapangan untuk mengamati alam dan mencari inspirasi desain.
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. (Factual Knowledge - Remember): Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang biologi yang relevan untuk desain, termasuk cara organisme dan ekosistem memecahkan masalah. (Describe 2.1)
    2. (Conceptual Knowledge - Apply): Mahasiswa mampu mengaplikasikan metodologi sistematis biomimikri dalam proses desain, termasuk menemukan inspirasi alam dan mengidentifikasi prinsip desain yang dapat diterapkan. (Experiment 2.3)
    3. (Procedural Knowledge - Apply): Mahasiswa mampu melakukan observasi alam untuk mencari inspirasi desain dan mendokumentasikan temuan dengan menggunakan alat dan teknik yang tepat. (Calculate 3.3)
    4. (Procedural Knowledge - Create): Mahasiswa dapat mengembangkan prototipe desain biomimikri, menguji efektivitasnya, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil pengujian. (Compose 3.6)
    5. (Procedural Knowledge - Create): Mahasiswa mampu merancang, mengembangkan, dan menyempurnakan proyek desain biomimikri yang nyata, baik secara individual maupun dalam kelompok. (Plan 2.6)
    6. (Conceptual Knowledge - Evaluate): Mahasiswa mampu menyusun laporan dan presentasi proyek akhir secara profesional, serta menerima dan memberikan umpan balik konstruktif. (Conclude 3.5)
      Metode PembelajaranKombinasi ceramah, diskusi, observasi dan proyek berbasis kelompok
      Modalitas PembelajaranBauran, sinkron, dan asinkron
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianKehadiran: Penilaian berdasarkan kehadiran dan asistensi mahasiswa (10%) Tugas Individu: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (20%). Tugas Kelompok: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (20%). Ujian Tengah Semester (UTS): Penilaian kemampuan pemahaman teori dan aplikasi konsep yang telah diajarkan (25%). Ujian Akhir Semester (UAS): Penilaian keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang diajarkan (25%).
      Catatan Tambahan