Kode Mata KuliahSK5005 / 4 SKS
Penyelenggara209 - Computational Sciences / FMIPA
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahJaringan dan Pengolahan Data ParalelNetwork and Parallel Data Processing
Bahan Kajian
  1. Pengenalan Jaringan komputer, TCP/IP Protokol, OSI layers; Peranan jaringan komputer pada sistem komputasi paralel
  2. Pemrograman paralel vs pemrograman serial, klasifikasi problem dari aspek paralelisasinya, sejarah perkembangan komputer paralel
  3. Dasar-dasar TCP/IP : Overview TCP/IP, fitur TCP/IP, protokol standar, model komunikasi, arsitektur protokol TCP/IP, protokol Internet, UDP dan TCP, layer aplikasi; Tambahan terminology dasar: port, socket
  4. Bekerja dengan TCP/IP : Membangun jaringan dengan TCP/IP, konfigurasi jaringan, parameter-parameter yang perlu pengaturan, mendapatkan nama domain, memilih host, subnet mask, konfigurasi kernel, daemon, konfigurasi antarmuka, konfigurasi routing, konfigurasi DNS
  5. Arsitektur Komputasi Paralel : CPU dan GPU
  6. Pemrograman Multiproses dan Multithread
  7. Pemrograman paralel (CPU) menggunakan pustaka MPI (Message Passing Interface)
  8. Pemrograman paralel (GPU) menggunakan arsitektur NVIDIA dengan pustaka CUDA dan OpenCL
  9. Pemrograman paralel (CPU dan GPU) untuk menyelesaikan permasalahan dalam sains
  1. Introduction to computer networks, TCP/IP Protocol, OSI layers; The role of computer networks in parallel computing systems
  2. Parallel programming vs serial programming, classification of problems from the parallelization aspect, history of parallel computer development
  3. TCP/IP Basics: Overview of TCP/IP, TCP/IP features, standard protocols, communication models, TCP/IP protocol architecture, Internet protocols, UDP and TCP, application layer; Additional basic terminology: port, socket
  4. Working with TCP/IP: Building a network with TCP/IP, network configuration, parameters that need to be set, getting a domain name, choosing a host, subnet mask, kernel configuration, daemon, interface configuration, routing configuration, DNS configuration
  5. Parallel Computing Architecture: CPU and GPU
  6. Multiprocess and Multithread Programming
  7. Parallel programming (CPU) using the MPI (Message Passing Interface) library
  8. Parallel programming (GPU) uses NVIDIA architecture with CUDA and OpenCL libraries
  9. Parallel programming (CPU and GPU) to solve problems in science
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu memahami dan menguasai konsep dasar jaringan, arsitektur komputasi paralel (CPU dan GPU), pemrograman multiproses dan multithread, pemrograman paralel berbasis CPU dan GPU
  2. Mahasiswa mampu membangun jaringan komputer sederhana yang dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dan mampu melakukan pemrograman multiproses dan multithread, pemrograman paralel berbasis CPU menggunakan pustaka MPI, pemrograman paralel berbasis GPU dengan arsitektur NVIDIA menggunakan pustaka CUDA dan OpenCL untuk menyelesaikan perhitungan numerik
  3. Mahasiswa mampu bekerja sama dan berdiskusi dalam suatu tim untuk membuat suatu program sederhana berbasis multiproses, multithread, atau program paralel berbasis CPU dan GPU untuk menyelesaikan permasalahan dalam sains
  4. Mahasiswa mampu mempublikasikan program berbasis multiproses, multithread, atau program paralel berbasis CPU dan GPU dalam suatu repository seperti Github dan berkolaborasi dengan para developer di seluruh dunia untuk mengembangkan program tersebut
  1. Students are able to understand and master the basic concepts of networking, parallel computing architecture (CPU and GPU), multiprocess and multithread programming, parallel programming based on CPU and GPU
  2. Students are able to build a simple computer network that can connect one computer to another computer and are able to carry out multiprocess and multithread programming, CPU-based parallel programming using the MPI library, GPU-based parallel programming with NVIDIA architecture using CUDA and OpenCL libraries to complete numerical calculations
  3. Students are able to work together and discuss in a team to create a simple program based on multiprocess, multithread, or parallel programs based on CPU and GPU to solve problems in science
  4. Students are able to publish multiprocess, multithread, or CPU and GPU based parallel programs in a repository such as Github and collaborate with developers around the world to develop these programs.
Metode PembelajaranCeramah, diskusi, pembelajaran berbasis riset/masalah/studi kasus, studi literatur, kerja kelompok/mandiri,presentasi, praktekLectures, discussions, research/problem/case study based learning, literature studies, group/independent work, presentations, practice
Modalitas PembelajaranLuring/daring/hybrid, sinkronous dan asinkronousOffline/online/hybrid, synchronous and asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPenilaian diberikan melalui PR / Tugas / Kuis / Praktikum / RBL / Laporan / Presentasi / UTS / UASAssessment is given through Homework / Assignments / Quizzes / Practicum / RBL / Reports / Presentations / UTS / UAS
Catatan Tambahan