Kode Mata Kuliah | SK5010 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 209 - Computational Sciences / FMIPA |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Visualisasi dalam Sains | Visualization in Science |
---|
Bahan Kajian | - Sejarah perkembangan sains dan visualisasi berbagai fenomena sains, serta berbagai perangkat lunak dan framework, serta platform yang dapat digunakan.
- Pengenalan berbagai teknik visualisasi dalam menjelaskan data, proses, fenomana alam, hipotesis, dan hal-hal lain yang kurang dapat tersampaikan hanya dengan tulisan dan formula.
- Pencarian data dan pembuatan visualiasi menggunakan bahasa pemrograman, piranti lunak, framework, atapun online platform sehingga memberikan kemudahan dalam melakukan analisis dan menjelaskan fenomena dalam dunia sains.
- Pembelajaran berbasis riset yang dilakukan secara mandiri oleh tiap mahasiswa berdasarkan pilihan topik dari setiap mahasiswa yang telah dipilih di awal pertemuan kuliah
- Penyusunan artikel ilmiah oleh setiap mahasiswa dari hasil pembelajaran berbasis riset yang telah dilakukan oleh setiap mahasiswa
- Presentasi laporan akhir dari tiap mahasiswa dan submit artikel ilmiah yang telah dibuat oleh tiap mahasiswa
| - History of scientific development and visualization of various scientific phenomena, as well as various software and frameworks, as well as platforms that can be used.
- Introduction to various visualization techniques in explaining data, processes, natural phenomena, hypotheses, and other things that cannot be conveyed only by writing and formulas.
- Searching for data and creating visualizations uses programming languages, software, frameworks, or online platforms to make it easier to analyze and explain phenomena in the world of science.
- Research-based learning is carried out independently by each student based on each student's choice of topics that have been selected at the beginning of the lecture meeting
- Preparation of scientific articles by each student from the results of research-based learning that has been carried out by each student
- Presentation of final reports from each student and submission of scientific articles that have been written by each student
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu melakukan analisis data dari berbagai fenomena dalam sains dengan menggunakan tools grafik dan teknik visualisasi untuk memahami sains secara kuantitatif dan kualitatif.
- Mahasiswa mampu menghasilkan suatu artikel ilmiah yang dapat dikirimkan ke prosiding atau jurnal baik nasional atau internasional
| - Students are able to analyze data from various phenomena in science using graphic tools and visualization techniques to understand science quantitatively and qualitatively.
- Students are able to produce scientific articles that can be submitted to proceedings or journals, both national and international
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, diskusi, pembelajaran berbasis riset/masalah/studi kasus, studi literatur, kerja kelompok/mandiri,presentasi, praktek | Lectures, discussions, research/problem/case study based learning, literature studies, group/independent work, presentations, practice |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring/daring/hybrid, sinkronous dan asinkronous | Offline/online/hybrid, synchronous and asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Penilaian diberikan melalui PR / Tugas / Kuis / Praktikum / RBL / Laporan / Presentasi / UTS / UAS | Assessment is given through Homework / Assignments / Quizzes / Practicum / RBL / Reports / Presentations / UTS / UAS |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|