Kode Mata KuliahSK5010 / 4 SKS
Penyelenggara209 - Computational Sciences / FMIPA
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahVisualisasi dalam SainsVisualization in Science
Bahan Kajian
  1. Sejarah perkembangan sains dan visualisasi berbagai fenomena sains, serta berbagai perangkat lunak dan framework, serta platform yang dapat digunakan.
  2. Pengenalan berbagai teknik visualisasi dalam menjelaskan data, proses, fenomana alam, hipotesis, dan hal-hal lain yang kurang dapat tersampaikan hanya dengan tulisan dan formula.
  3. Pencarian data dan pembuatan visualiasi menggunakan bahasa pemrograman, piranti lunak, framework, atapun online platform sehingga memberikan kemudahan dalam melakukan analisis dan menjelaskan fenomena dalam dunia sains.
  4. Pembelajaran berbasis riset yang dilakukan secara mandiri oleh tiap mahasiswa berdasarkan pilihan topik dari setiap mahasiswa yang telah dipilih di awal pertemuan kuliah
  5. Penyusunan artikel ilmiah oleh setiap mahasiswa dari hasil pembelajaran berbasis riset yang telah dilakukan oleh setiap mahasiswa
  6. Presentasi laporan akhir dari tiap mahasiswa dan submit artikel ilmiah yang telah dibuat oleh tiap mahasiswa
  1. History of scientific development and visualization of various scientific phenomena, as well as various software and frameworks, as well as platforms that can be used.
  2. Introduction to various visualization techniques in explaining data, processes, natural phenomena, hypotheses, and other things that cannot be conveyed only by writing and formulas.
  3. Searching for data and creating visualizations uses programming languages, software, frameworks, or online platforms to make it easier to analyze and explain phenomena in the world of science.
  4. Research-based learning is carried out independently by each student based on each student's choice of topics that have been selected at the beginning of the lecture meeting
  5. Preparation of scientific articles by each student from the results of research-based learning that has been carried out by each student
  6. Presentation of final reports from each student and submission of scientific articles that have been written by each student
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu melakukan analisis data dari berbagai fenomena dalam sains dengan menggunakan tools grafik dan teknik visualisasi untuk memahami sains secara kuantitatif dan kualitatif.
  2. Mahasiswa mampu menghasilkan suatu artikel ilmiah yang dapat dikirimkan ke prosiding atau jurnal baik nasional atau internasional
  1. Students are able to analyze data from various phenomena in science using graphic tools and visualization techniques to understand science quantitatively and qualitatively.
  2. Students are able to produce scientific articles that can be submitted to proceedings or journals, both national and international
Metode PembelajaranCeramah, diskusi, pembelajaran berbasis riset/masalah/studi kasus, studi literatur, kerja kelompok/mandiri,presentasi, praktekLectures, discussions, research/problem/case study based learning, literature studies, group/independent work, presentations, practice
Modalitas PembelajaranLuring/daring/hybrid, sinkronous dan asinkronousOffline/online/hybrid, synchronous and asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPenilaian diberikan melalui PR / Tugas / Kuis / Praktikum / RBL / Laporan / Presentasi / UTS / UASAssessment is given through Homework / Assignments / Quizzes / Practicum / RBL / Reports / Presentations / UTS / UAS
Catatan Tambahan