Kode Mata Kuliah | ME3102 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 128 - Meteorology / FITB |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Metode Prediksi Cuaca Numerik | Numerical Weather Prediction Method |
---|
Bahan Kajian | - Karakteristik persamaan pengatur gerak atmosfer dalam bentuk persamaan diferensial parsial
- Prinsip metode beda-hingga sebagai metode numerik untuk penyelesaian persamaan model atmosfer meliputi skema diferensiasi numerik dan integrasi waktu
- Ketakstabilan numerik, metode beda-hingga kemudian digunakan untuk memecahkan persamaan model atmosfer barotropik yang merupakan model atmosfer paling sederhana
- Model spektral yang umum digunakan sebagai model atmosfer global seperti GCM dan model prediksi cuaca numerik global, metode ini juga diterapkan untuk mendapatkan solusi numerik dari persamaan model barotropik pada domain global
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menterjemahkan persamaan-persamaan model matematis ke dalam kode pemrograman dengan menggunakan metode beda hingga dan mengolah hasil luaran model tersebut dalam bentuk data digital. (C3)
- Mahasiswa mampu menjalankan kode pemrograman yang dibuat sebagai solusi penyelesaian permasalahan model adveksi dan model atmosfer barotropik. (C3)
- Mahasiswa mampu mendesain simulasi permasalahan atmosfer barotropic dengan menggunakan penyelesaian metode beda hingga dan spektral. (C3)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah
Diskusi kelompok
Pembelajaran kooperatif
Pembelajaran berbasis masalah | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron
Bauran/Daring Asinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Komponen penilaian: Ujian tengah semester (30%), ujian akhir semester (30%), praktikum (30%), tugas (5%), dan quiz (5%). Skala penilaian: 80-100% A (kompetensi maksimum) 75-80% AB (kompetensi sangat baik) 65-75% B (kompetensi baik) 60-65% BC (kompetensi cukup baik) 55-60% C (kompetensi minimal) 45-54% D (di bawah kompetensi minimum) <45% E (sangat jauh di bawah kompetensi minimum) | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|