Kode Mata KuliahMR4031 / 3 SKS
Penyelenggara144 - Engineering Management / FTI
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPerancangan Sistem JasaService System Design
Bahan Kajian
  1. Pemahaman konsep dan prinsip perancangan sistem jasa
  2. Konsep mutu jasa RATER (Reliability, Assurance, Tangible, Emphat, Responsiveness)
  3. Model mutu KANO
  4. Pemetaan customer journey dalam sistem jasa berbasis metode service blueprint
  5. Inovasi eksploitasi sistem jasa
  6. Inovasi eksploratif sistem jasa
  7. Pengembangan rencana manajemen perubahan sistem jasa
  8. Produk-Service System
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dasar dan prinsip perancangan sistem jasa yang diajarkan dalam kasus-kasus nyata industri.
    2. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan prinsip perancangan sistem jasa
    3. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan prinsip penentuan mutu sistem jasa berbasis model mutu Parasuraman dan KANO serta mampu menganalisa atribut mutu yang dibutuhkan untuk memperbaiki sistem jasa.
    4. Mahasiswa mampu memahami konsep costumer journey dalam sistem jasa dan mampu menerapkan analisa permasalahan dan peluang usaha dalam melakukan perbaikan atau inovasi sistem jasa dengan memanfaatkan metode customer journey berbasis metode service blueprint
    5. Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip inovasi eksploitasi sistem jasa berbasis permasalahan sistem jasa serta mampu menganalisa dan mendesain eksploitasi sistem sistem jasa.
    6. Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip inovasi eksploratif sistem jasa berbasis permasalahan dan peluang usaha serta mampu menganalisa dan mendesain eksploratif sistem jasa.
    7. Mahasiswa mampu menyiapkan analisa kelayakan perubahan sistem jasa
    8. Mahasiswa mampu memahami manajemen perubahan sistem jasa dan mampu mengembangkan rencana manajemen perubahan sistem jasa
    9. Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip Product-Service System (PSS) dan mampu menganalisa model bisnis, customer journey, dan menentukan indikator kinerja sistem jasa yang relevan dengan kebutuhan penerapan PSS
      Metode PembelajaranCeramah dan diskusi; Tugas terstruktur/latihan soal; Studi kasus; Responsi
      Modalitas PembelajaranLuring; Daring Asinkron
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianKuis; UTS; UAS; Tugas
      Catatan Tambahan