Kode Mata KuliahMB4031 / 4 SKS
Penyelenggara190 - Management / SBM
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahAnalisis konflik strategisStrategic Conflict Analysis
Bahan Kajian
  1. Konsep dasar pengambilan keputusan interaktif dengan menggunakan model teori permainan (game theory).
  2. Komponen dasar teori permainan: pemain, outcome/payoff, preferensi, strategi, dan keseimbangan (equilibrium).
  3. Nash Equilibrium & Prisoner’s dilemma
  4. Sequential-moves game & Simultaneous-moves game.
  5. Conflict analysis and resolution in business practice.
  1. Game Form
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu memahami sifat-sifat konflik strategis dan peran teori permainan dalam penyelesaian situasi konflik dalam konteks bisnis dan manajemen.
  2. Mahasiswa mampu membuat pilihan rasional dan mengantisipasi hasil pilihan rasional tersebut dalam situasi konflik untuk menyelesaikan permasalahan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis situasi konflik strategis dalam bisnis menggunakan teori permainan dan membuat usulan solusi proses yang menghasilkan kolaborasi.
  4. Mampu menjelaskan dan menggunakan perangkat lunak untuk menganalisis konfrontasi dan mampu menjelaskan hasilnya
  5. Mampu menerapkan dan melakukan analisis dari sebuah permasalahan konflik pada interaksi bisnis di dunia nyata
    Metode PembelajaranKuliah tatap muka, diskusi kelas, diskusi kelompok, proyek kelompok.
    Modalitas PembelajaranPembelajaran aktif, diskusi, penugasan mandiri, penugasan kelompok
    Jenis NilaiABCDE
    Metode PenilaianA student’s performance in this course will be evaluated through this way: 1. Quantity and Quality of participation in class discussion. 2. Presentation, include the quality of substantial of paper and the presentation. 3. Quality the answers of a Quiz.A student’s performance in this course will be evaluated through this way: 1. Quantity and Quality of participation in class discussion. 2. Presentation, include the quality of substantial of paper and the presentation. 3. Quality the answers of a Quiz.
    Catatan Tambahan