Kode Mata KuliahPG4103 / 3 SKS
Penyelenggara143 - Food Engineering / FTI
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPerancangan Produk PanganFood Product Design
Bahan Kajian
  1. Tahapan umum pengembangan produk pangan
  2. Pendefinisian produk: perancangan konsep produk dan pengujian konsep
  3. Rekayasa Struktur dan Tekstur Pangan untuk Produksi Pangan Sehat
  4. Optimasi formulasi produk dan kondisi pemrosesan
  5. Integrasi perancangan proses dan produk pangan skala industri
  6. Penentuan skala produksi dan aspek-aspek perbesaran skala produksi
  7. Penentuan waktu simpan produk pangan
  8. Pengaplikasikan Big Data, AI, dan IoT dalam industri dan perancangan produk pangan
  1. General stages of food product development
  2. Product definition: product concept design and concept testing
  3. Engineering the structure and texture of food for healthy food production
  4. Optimization of product formulation and processing conditions
  5. Integration of process design and food products on an industrial scale
  6. Determination of production scale and aspects of scaling up production
  7. Determination of food product shelf life
  8. Application of Big Data, AI, and IoT in industry and food product design
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu mengimplementasikan tahapan-tahapan perancangan produk pangan baru dengan atribut yang ditentukan dari bahan baku tertentu, secara sistematis. 
  2. Mahasiswa mampu membuat konsep produk dan pengujian konsep dalam perancangan produk pangan baru. 
  3. Mahasiswa mampu mengimplementasikan metode perancangan statistika dan aspek fisika pangan untuk memperbaiki atribut produk pangan, dengan menyesuaikan atau menggunakan proses baru dalam tahapan produksi dengan memperhatikan aspek-aspek seperti struktur produk, nilai gizi, kemasan dan kualitas produk relevan. 
  4. Mahasiswa mampu menentukan metode percobaan penentuan umur simpan yang sesuai dan memprediksi umur simpan produk pangan yang dirancang. 
  5. Mahasiswa mengetahui contoh-contoh pengaplikasian teknologi terkini dalam Industry 4.0 seperti IoT dan big data, dalam perancangan produk pangan dan industri pangan pada umumnya. 
  6. Mahasiswa mampu merancang produk pangan baru dari bahan baku lokal Indonesia untuk meningkatkan nilai tambah bahan baku lokal atau mengatasi permasalahan terkait nutrisi dan lingkungan
  1. Students are able to implement the stages of designing new food products with specified attributes from certain raw materials systematically.
  2. Students are able to create product concepts and test concepts in the design of new food products.
  3. Students are able to implement statistical design methods and aspects of food physics to improve food product attributes by adjusting or using new processes in production stages, considering aspects such as product structure, nutritional value, packaging, and relevant product quality.
  4. Students are able to determine suitable shelf-life determination methods and predict the shelf-life of the designed food products.
  5. Students are aware of examples of the application of the latest technology in Industry 4.0, such as IoT and big data, in food product design and the food industry in general.
  6. Students are able to design new food products from local Indonesian raw materials to increase the added value of local raw materials or address issues related to nutrition and the environment.
Metode PembelajaranPembelajaran kooperatif Pembelajaran kolaboratif Pembelajaran berbasis permasalahan Diskusi kelompokCooperative Learning, Collaborative Learning, Problem-Based Learning, Group Discussions
Modalitas PembelajaranLuring Pembelajaran berbasis projek Simulasi & Bermain PeranOffline, Project-Based Learning, Simulation & Role-Playing
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianLaporan Proyek, Tugas Individu, Kuis IndividuProject report, Individual Assignment and Quiz
Catatan Tambahan