Kode Mata KuliahPG4063 / 3 SKS
Penyelenggara143 - Food Engineering / FTI
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahProgram Merdeka Belajar CMerdeka Belajar Program C
Bahan Kajian
  1. Merdeka Belajar Kampus Merdeka
  1. Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Kemampuan mengidentifikasi, memformulasikan, dan menyelesaikan masalah rekayasa kompleks dengan menerapkan pengetahuan matematika, pengetahuan sains, dan pengetahuan rekayasa.
  2. Kemampuan merancang sistem komponen atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang dihadapkan pada kendala-kendala nyata dengan mempertimbangkan dampak dari solusi rekayasa dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial
  3. Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan berbagai pihak
  4. Kemampuan untuk menyadari tanggung jawab profesional dan etik dalam mengatasi permasalahan kerekayaan dan membuat keputusan berdasarkan informasi, dengan mempertimbangkan dampak dari solusi rekayasa dalam konteks global, ekonomi, lingkungan dan sosial
  5. Kemampuan untuk berperan secara efektif dalam kelompok, di mana para anggota bersama-sama membentuk kepemimpinan, menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan inklusif, meletakkan tujuan, merencanakan tugas, serta mencapai sasaran
  6. Kemampuan merancang dan melaksanakan ekperimen, menganalisis dan menginterpretasikan data, serta menggunakan pertimbangan teknis untuk membuat kesimpulan
  7. Kemampuan untuk mempelajari dan menerapkan pengetahuan baru sesuai keperluan dengan strategi belajar yang tepat, termasuk untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pemrosesan pangan, khususnya sumber daya lokal Indonesia.
  1. The ability to identify, formulate, and solve complex engineering problems by applying knowledge of mathematics, science, and engineering.
  2. The ability to design system components or processes to meet needs within realistic constraints, considering the impact of engineering solutions in global, economic, environmental, and social contexts.
  3. The ability to communicate effectively with various stakeholders.
  4. The ability to recognize professional and ethical responsibilities in addressing engineering issues and making informed decisions, considering the global, economic, environmental, and social impacts of engineering solutions.
  5. The ability to work effectively within a team, where members collaboratively exercise leadership, create a collaborative and inclusive environment, set goals, plan tasks, and achieve objectives
  6. The ability to design and conduct experiments, analyze and interpret data, and use engineering judgment to draw conclusions.
  7. The ability to learn and apply new knowledge as needed, using appropriate learning strategies, including solving problems related to food processing, particularly those involving local Indonesian resources.
Metode PembelajaranPembelajaran kooperatif Pembelajaran berbasis permasalahan/projekCooperative Learning, Problem-Based Learning/Projects
Modalitas PembelajaranLuring/DaringOffline/Online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas, UjianExam, Assignment
Catatan TambahanLuaran wajib: CPL 2 (Kemampuan merancang sistem, komponen atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang dihadapkan pada kendala-kendala nyata dengan mempertimbangkan dampak dari solusi rekayasa dalam konteks global, ekonomi, lingkungan dan sosial). Luaran lain: Salah satu di antara CPL 1 dan 3-7 sesuai dengan kegiatan