Kode Mata KuliahOS2103 / 3 SKS
Penyelenggara129 - Oceanography / FITB
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPemrograman dan Oseanografi KomputasiProgramming and Computational Oceanography
Bahan Kajian
  1. Representasi Internal Komputer dan Perkembangan Komputasi Oseanografi
  2. Penyusunan Program Komputer : -Analisis Permasalahan dan Spesifikasi -Penyusunan algoritma dan Diagram Alir -Penyusunan Program (Kode Komputer) -Eksekusi dan Ujicoba Program -Pemeliharaan Program
  3. Pemrograman berbahasa Fortran (Formula Translation): -Struktur Program berbahasa Fortran -Logika Pemrograman, Persamaan & Pertaksamaan -Pengelolaan input &output dengan format -Pengulangan/ Iterasi Perintah -Matriks (array) dan Operasi matriks -Pengelolaan Arsip, subrutine dann fungsi
  4. Komputasi Parameter Fisis dan Sifat-sifat Dasar Air Laut : -Konversi konduktivitas menjadi Salinitas -Konversi Salinitas menjadi konduktivitas -Perhitungan Anomali Volume Spesifik dan Anomali Densitas Air Laut -Konversi Tekanan menjadi Kedalaman -Perhitungan Suhu Titik Beku Air Laut -Perhitungan laju proses adiabatik (Adiabatic Lapse Rate) Air Laut -Perhitungan Suhu Potensial -Perhitungan Kecepatan Suara di Air Laut
  5. Praktikum (Laboratorium komputer): Penyusunan Program Fortran, Penyusunan Program dalam bahasa Fortran untuk Komputasi Parameter fisis dan Sifat-sifat Dasar Ait Laut
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mampu memahami representasi internal dan dasar cara kerja komputer.
    2. Mampu berpikir runtut dalam menganalisis permasalahan Oseanografi sederhana
    3. Mampu memahami langkah-langkah penyusunan algoritma program
    4. Mampu menyusun alogaritma untuk program komputer
    5. Mampu menyusun diagram alir
    6. Mampu menyusun program komputer dalam Bahasa Fortran
    7. Mampu melakukan pemeliharaan (maintaining) program komputasi dalam bahasa Fortran
      Metode PembelajaranLCL: KBL, SBL SCL: PBL, CBL, RBLLCL: KBL, SBL SCL: PBL, CBL, RBL
      Modalitas PembelajaranLuring, Daring, SinkronOffline,online, Synchronous
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianTertulis: Pilihan, Uraian Tugas: Laporan, PraktikWritten exam: Multiple choices, description Task: Report, Practice
      Catatan TambahanLainnya: KuisOther: Quiz