Kode Mata Kuliah | TB4011 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 145 - Bioenergy and Chemurgical Engineering / FTI |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Peralatan Proses | Process Equipment |
---|
Bahan Kajian | - Konsep-konsep Dasar Perancangan Peralatan
- Informasi Desain & Standar-standar Kerekayasaan
- Reaktor
- Peralatan Penangan Fluida
- Penukar Panas
- Pemisah
- Peralatan pemroses padatan
- Peralatan pengolah padatan-fluida
- Kekuatan mekanik
- Perancangan mekanik
| - Basic concept of equipments design
- Design information and engineering standards
- Reactors
- Fluid Handling Equipment
- Heat exchanger
- Separator
- Solid processing equipment
- Solid-fluid processing equipment
- Mechanical strength
- Mechanical design
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengetahui dan menggunakan standarstandar praktis dalam perancangan peralatan proses.
- Mampu menjelaskan peralatan yang umum digunakan di industri proses beserta prinsip kerjanya.
- Mampu memilih peralatan proses yang sesuai dengan memperhatikan batasan-batasan informasi yang tersedia dan asumsi-asumsi yang dapat diterima.
- Mampu menganalisis dan menghitung jenis material, ketebalan, dan struktur pendukung untuk peralatan dan perpipaan berdasarkan kondisi proses dan eksternal.
| - Able to collect and apply practical standard on equipments design.
- Able to describe common equipments in process industries and their working principles.
- Able to determine suitable equipments for a process based on available information and accepted assumptions.
- Able to analyse and calculate types of material, thickness, and support structures regarding internal and eksternal condition.
|
---|
Metode Pembelajaran | Belajar di Kelas.
Tutorial.
Belajar Mandiri. | Classroom sessions.
Tutorials.
Independent Study. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring.
Mandiri/Kelompok. | Offline.
Individual/Group. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas.
Ujian. | Assignment.
Examination. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|