| Kode Mata Kuliah | FI5271 / 2 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 202 - Physics / FMIPA |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Analisa dan Interpretasi Data Sistem Fisis | Data Analysis and Its Interpretation in Physical Systems |
|---|
| Bahan Kajian | - Metoda numerik sistem stabil dan dinamik
- Bilangan random dan sistem tak beraturan dalam fisika
- Analisa data eksperimen dalam sistem fisis dan interpretasinya menggunakan tools kekinian serta dapat berbasis waktu
- Studi kasus analisis dan interpretasi topik dalam sistem fisis
| - Numerical methods for stable and dynamic systems
- Random numbers and irregular systems in physics
- Analysis of experimental data in physical systems and their interpretation using contemporary tools and can be time-based
- Case study analysis and interpretation of topics in physical systems
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu berpikir kritis, logis, sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan masalah-masalah sistem fisis.
- Mahasiswa mampu menerapkan konsep/prinsip/hukum Fisika terkait dengan system fisis serta mencari solusi dari model fisis tersebut secara komputasi
- Mahasiswa mampu melakukan analisis secara numerik untuk problem fisis yang ada
- Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi informasi kekinian dalam untuk interpretasi data suatu ssstem fisika
- Mahasiswa mampu menerapkan komputasi sebagai tools untuk analisis dan interpretasi data eksperimen maupun hasil komputasi dari pemodelan sistem fisis
| - Students are able to think critically, logically, systematically and structured in solving physical system problems.
- Students are able to apply physics concepts/principles/laws related to physical systems and find solutions to these physical models computationally
- Students are able to carry out numerical analysis for existing physical problems
- Students are able to utilize contemporary information technology to interpret data from a physics system
- Students are able to apply computing as a tool for analysis and interpretation of experimental data and computational results from modeling physical systems
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Tatap muka, praktek komputasi dan pemrograman, kerja kelompok, RBL | In-person Class, computing and programming practice, group work, RBL |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron, Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline, Asynchronous Mixed/Online |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Tugas-tugas subtopik, proyek besar, RBL, UJIAN | Subtopic assignments, major projects, RBL, EXAM |
|---|
| Catatan Tambahan | MKPB | MKPB |
|---|