Kode Mata KuliahEL3011 / 3 SKS
Penyelenggara132 - Electrical Engineering / STEI
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahArsitektur Sistem KomputerComputer System Architecture
Bahan Kajian
  1. Pengantar
  2. Operasi Integer
  3. Floating Point 
  4. ISA berbasis CISC
  5. ISA berbasis RISC
  6. ALU 
  7. Siklus Tunggal RISC-based
  8. Pipeline RISC-based 
  9. Hierarki Memori
  10. Subsistem I/O
  11. Pengantar Superscalar 
  12. Sistem Parallel dan Terdistribusi
  1. Introduction 
  2. Integer Operations 
  3. Floating Point 
  4. CISC-based’s ISA 
  5. RISC-based’s ISA 
  6. ALU 
  7. RISC-based Single Cycle 
  8. RISC-based Pipeline 
  9. Memory Hierarchy 
  10. I/O Subsystem 
  11. Introduction to Superscalar 
  12. Parallel and Distributed System 
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mengidentifikasi beberapa kontributor untuk arsitektur dan organisasi komputer dan hubungkan pencapaian mereka dengan area pengetahuan. 
  2. Menjelaskan alasan dan strategi untuk arsitektur yang berbeda. 
  3. Mengartikulasikan perbedaan antara organisasi komputer dan arsitektur komputer. 
  4. Mengidentifikasi beberapa komponen komputer. 
  5. Menunjukkan beberapa kekuatan dan kelemahan yang melekat pada arsitektur yang berbeda. 
  6. Menjelaskan bagaimana teknik komputer menggunakan atau manfaat dari arsitektur dan organisasi komputer 
  1. Identify several contributors to computer architecture and organization and relate their achievements to the knowledge areas. 
  2. Explains the rationale and strategies for different architectures. 
  3. Articulate the differences between computer organization and computer architecture. 
  4. Identify several computer components. 
  5. Shows some of the inherent strengths and weaknesses of different architectures. 
  6. Explain how computer engineering uses or benefits from computer architecture and organization
Metode PembelajaranCeramah, Diskusi, Studi Kasus, Proyek, Belajar MandiriLectures, Discussions, Case Studies, Project, Independent Study
Modalitas PembelajaranLuring, Daring, BauranOffline, Online, Hybrid
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPR, Kuis, Ujian, ProyekHomework, Quiz, Exam, Project
Catatan Tambahan