Kode Mata KuliahEL3014 / 2 SKS
Penyelenggara132 - Electrical Engineering / STEI
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahEtika Profesi & Rekayasa Professional and Engineering Ethics
Bahan Kajian
  1. Konteks Sosial Keinsinyuran dan Teknologi
  2. Risiko dan Kewajiban Sistem Penting Keselamatan
  3. Sikap Professional dan Beretika
  4. Properti Intelektual
  5. Revolusi Digital
  6. Keamanan Informasi 
  1. Social Context of Engineering & Technology 
  2. Risks and Liabilities of Safety-critical Systems 
  3. Professional dan Ethical Conduct 
  4. Intellectual Property 
  5. Digital Revolution 
  6. Information Security
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan bagaimana engineering dan teknologi  dapat diimplementasikan dengan sumber daya yang terbatas dan juga merupakan kegiatan yang memiliki dampak sosial - politik dengan dampak yang open-ended.   
  2. Mahasiswa kemudian dapat mengidentifikasi konteks sosial dan politik dari proses engineering dan teknologi terkini, ditinjau dari sisi ekonomi, moneter & bisnis, kegunaan dan manfaat, ergonomi, kesejahteraan, industri, sejarah, keamanan dan keselamatan, lingkungan dll.  
  3. Mahasiswa  memahami konsep Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan arti pentingnya  HAKI dalam kerekayasaan, inovasi dan bisnis.  
  4. Mahasiswa dapat memahami berbagai wacana yang berkembang di seputar konsep HAKI, baik dalam tataran Individu hingga Negara. 
  5. Mahasiswa perlu, khusus dalam bidang teknologi informasi, untuk memahami kebaikan/kemanfaatan dari proses digitalisasi serta dampak yang terjadi akibat era digital serta teknologi informasi dalam proses rekayasa, termasuk kaitannya dengan HAKI maupun berdampak pada industri dan ekonomi. 
  6. Mahasiswa mengetahui dan memahami serta menjelasakan etika profesi standard yang terkait dan disepakati oleh organisasi profesi IEEE dan ACM. 
  1. Students can understand and explain how engineering and technology can be implemented with limited resources and are also activities that have a social - political impact with an open-ended impact.   
  2. Students can then identify the social and political context of the latest engineering and technological processes, in terms of economics, monetary & business, uses and benefits, ergonomics, welfare, industry, history, security and safety, environment etc.  
  3. Students understand the concept of Intellectual Property Rights (IPR) and the importance of IPR in engineering, innovation and business.
  4. Students can understand the various discourses that develop around the concept of IPR, both at the individual and state levels.
  5. Students need, specifically in the field of information technology, to understand the goodness/benefits of the digitalization process as well as the impacts that occur due to the digital era and information technology in the engineering process, including its relationship to IPR and its impact on industry and the economy. 
  6. Students know and understand and explain standard professional ethics related to and agreed upon by the IEEE and ACM professional organizations.
Metode PembelajaranCeramah, Diskusi, Studi Kasus, Belajar MandiriLectures, Discussions, Case Study, Independent Study
Modalitas PembelajaranLuring, Daring, BauranOffline, Online, Hybrid
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPR, Kuis, Ujian, Presentasi Studi KasusHomework, Quiz, Exam, Case Study Presentation
Catatan Tambahan