Kode Mata KuliahFA5015 / 3 SKS
Penyelenggara207 - Pharmacy / SF
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMetode EnzimologiEnzymology Methods
Bahan Kajian
  1. Struktur dan fungsi enzim, metodologi riset biokimia enzim.
  2. Biosintesis enzim, perubahan struktur protein dan modifikasi pasca translasi.
  3. Metodologi biokimia dan mekanisme reaksi enzimatik.
  4. Teknis bioanalisis dan berbagai penggunaan enzim dalam diagnosis penyakit dan bioproses.
  1. Structure and function of enzymes, biochemical enzyme research methodology.
  2. Enzyme biosynthesis, protein structural changes, and post-translational modifications.
  3. Biochemical methodology and mechanisms of enzymatic reactions.
  4. Bioanalytical techniques and various uses of enzymes in disease diagnosis and bioprocessing.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menjelaskan prinsip dasar metode enzimologi dan perannya dalam riset biokimia. 
  2. Mampu menjelaskan konsep dasar enzim, termasuk biosintesis, mekanisme kerja, dan perubahan struktur. 
  3. Mampu menyelesaikan masalah yang kompleks terkait penggunaan enzim dan metode enzimologi untuk mengatasipermasalahan yang ada dalam penelitian. 
  4. Mampu merancang eksperimen yang terkait dengan penggunaan enzim dalam diagnose penyakit dan bioproses. 
  5. Mampu menginterpretasikan data hasil eksperimen dan membuat keismpulan dari hasil analisis data. 
  6. Mampu berpartisipasi secara aktif dalam diskusi ilmiah. 
  7. Mampu mengkomunikasikan berbagai tugas yang diberikan baik lisan maupun tulisan. 
  1. Able to explain the basic principles of enzymology methods and their role in biochemical research.
  2. Able to explain the basic concepts of enzymes, including biosynthesis, mechanisms of action, and structural changes.
  3. Able to solve complex problems related to the use of enzymes and enzymology methods to address issues in research.
  4. Able to design experiments related to the use of enzymes in disease diagnosis and bioprocessing.
  5. Able to interpret experimental data and draw conclusions from data analysis.
  6. Able to actively participate in scientific discussions.
  7. Able to communicate assigned tasks both orally and in writing.
Metode PembelajaranKuliah, diskusi, kerja mandirilecture, discussion, independent assignment
Modalitas PembelajaranVisual dan auditori yang dilaksanakan secara sinkron maupun asinkronvisual, auditorial, synchronous, asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian tertulis dan presentasiwriting exam, presentation
Catatan Tambahan