| Kode Mata Kuliah | FA5023 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 207 - Pharmacy / SF |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Identifikasi dan Elusidasi Struktur Senyawa Bahan Alam | Identification and Structure Elucidation of Natural Compound Substances |
|---|
| Bahan Kajian | - Penentuan struktur, identifikasi senyawa Flavonoid secara kimia, fisika dan fisikokimia (Spektrometri UV, IR, MS dan NMR)
- Penentuan struktur, identifikasi senyawa Alkaloid secara kimia, fisika dan fisikokimia (Spektrometri UV, IR, MS dan NMR)
- Penentuan struktur, identifikasi senyawa siklopeptida secara kimia, fisika dan fisikokimia (Spektrometri UV, IR, MS dan NMR)
- Penentuan struktur, identifikasi senyawa kumarin secara kimia, fisika dan fisikokimia (Spektrometri UV, IR, MS dan NMR
| - Structural elucidation and identification of flavonoids using spectroscopic techniques (UV, IR, MS, and NMR)
- Structural elucidation and identification of alkaloids using spectroscopic techniques (UV, IR, MS, and NMR)
- Structural elucidation and identification of cyclopeptides using spectroscopic techniques (UV, IR, MS, and NMR)
- Structural elucidation and identification of coumarines using spectroscopic techniques (UV, IR, MS, and NMR)
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan konsep keilmuan farmasi yang relevan untuk menjelaskan penentuan struktur
- Mampu merancang penentuan struktur dan identifikasi senyawa bahan alam menggunakan spektroskopi (UV, IR, NMR, MS)
- Mampu menginterpretasikan hasil spektroskopi (UV, IR, NMR, MS)
| - Able to apply relevant pharmaceutical scientific concepts to explain structure elucidation
- Able to design spectroscopic experiments (UV, IR, NMR, MS) to determine the structure and identify natural compounds.
- Able to interpret spectroscopy data (UV, IR, NMR, MS)
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Kuliah, diskusi, presentasi | lecture, discussion, presentation |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Visual, auditorial
Pelaksanaan secara sinkronous dan asinkronous | visual, auditorial, synchronous, asynchronous |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Tugas mandiri, UTS, UAS, Kuis | independent assignment, mid-exam, final exam, quiz |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|