Kode Mata KuliahFA5032 / 3 SKS
Penyelenggara207 - Pharmacy / SF
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKimia Fisika PermukaanSurface Physical Chemistry
Bahan Kajian
  1. Surfaktan: jenis, karakteristik, dan aplikasi dalam bentuk misel dan foam 
  2. Emulsi dan nanoemulsi: formulasi dan emulsifikasi 
  3. Suspensi dan dispersi koloidal: formulasi dan rheology 
  4. Konsep interaksi sifat permukaan nanopartikel dengan membran biologi 
  5. Interaksi antara padatan dengan lembab pada permukaan 
  6. Metode karakterisasi permukaan padatan 
  1. Surfactants: types, characteristics, and applications in micelle and foam forms.
  2. Emulsions and nanoemulsions: formulation and emulsification.
  3. Suspensions and colloidal dispersions: formulation and rheology.
  4. Concept of surface property interactions of nanoparticles with biological membranes.
  5. Interactions between solids and moisture on surfaces.
  6. Surface characterization methods for solids.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menerapkan konsep modifikasi sifat permukaan cair-cair dan padat-cair untuk mengatasi permasalahan farmasetika; 
  2. Mampu mengevaluasi interaksi komponen formulasi pada permukaan, antarmuka, dan membran tubuh; 
  3. Mampu merancang formulasi dengan perbaikan sifat permukaan untuk meningkatkan karakteristik farmasetika sediaan;  
  4. Mampu mengoptimasi sifat permukaan formulasi untuk meningkatkan kinerja sediaan di dalam tubuh; 
  1. Able to apply concepts of modifying liquid-liquid and solid-liquid surface properties to overcome pharmaceutical challenges.
  2. Able to evaluate the interactions of formulation components at surfaces, interfaces, and body membranes.
  3. Able to design formulations with improved surface properties to enhance the pharmaceutical characteristics of dosage forms.
  4. Able to optimize surface properties of formulations to enhance the performance of dosage forms in the body.
Metode PembelajaranKuliah, tugas terstruktur berkelompok (case study)lecture, group structured assignment (case study)
Modalitas PembelajaranVisual, auditorial, Pelaksanaan secara sinkronous visual, auditorial, synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS, UAS, Tugas (Project)mid-exam, final exam, assignment (project)
Catatan Tambahan