Kode Mata Kuliah | FA5032 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 207 - Pharmacy / SF |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Kimia Fisika Permukaan | Surface Physical Chemistry |
---|
Bahan Kajian | - Surfaktan: jenis, karakteristik, dan aplikasi dalam bentuk misel dan foam
- Emulsi dan nanoemulsi: formulasi dan emulsifikasi
- Suspensi dan dispersi koloidal: formulasi dan rheology
- Konsep interaksi sifat permukaan nanopartikel dengan membran biologi
- Interaksi antara padatan dengan lembab pada permukaan
- Metode karakterisasi permukaan padatan
| - Surfactants: types, characteristics, and applications in micelle and foam forms.
- Emulsions and nanoemulsions: formulation and emulsification.
- Suspensions and colloidal dispersions: formulation and rheology.
- Concept of surface property interactions of nanoparticles with biological membranes.
- Interactions between solids and moisture on surfaces.
- Surface characterization methods for solids.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan konsep modifikasi sifat permukaan cair-cair dan padat-cair untuk mengatasi permasalahan farmasetika;
- Mampu mengevaluasi interaksi komponen formulasi pada permukaan, antarmuka, dan membran tubuh;
- Mampu merancang formulasi dengan perbaikan sifat permukaan untuk meningkatkan karakteristik farmasetika sediaan;
- Mampu mengoptimasi sifat permukaan formulasi untuk meningkatkan kinerja sediaan di dalam tubuh;
| - Able to apply concepts of modifying liquid-liquid and solid-liquid surface properties to overcome pharmaceutical challenges.
- Able to evaluate the interactions of formulation components at surfaces, interfaces, and body membranes.
- Able to design formulations with improved surface properties to enhance the pharmaceutical characteristics of dosage forms.
- Able to optimize surface properties of formulations to enhance the performance of dosage forms in the body.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah, tugas terstruktur berkelompok (case study) | lecture, group structured assignment (case study) |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual, auditorial, Pelaksanaan secara sinkronous | visual, auditorial, synchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS, UAS, Tugas (Project) | mid-exam, final exam, assignment (project) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|