Kode Mata Kuliah | FP5023 / 1 SKS |
---|
Penyelenggara | 907 - Profession Pharmacist / SF |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pra-PKPA dan Evaluasi PKPA Rumah Sakit | Evaluation of Pharmaceutical Practice in Hospital |
---|
Bahan Kajian | - Pengelolaan obat dan Pelayanan Farmasi
- Asuhan Kefarmasian
- Komunikasi dan Praktek Kefarmasian
- Pelayanan Informasi Obat
- Manajemen Farmasi Klinis
- Simulasi Praktek Farmasi Klinik (Simulasi kasus klinik, presentasi topik khusus kefarmasian, role playing)
- Penulisan dan Penyajian Laporan (panduan/format penulisan laporan hasil PKPA; presentasi kasus
| - Drug management and Pharmaceutical Services
- Pharmaceutical Care
- Pharmacy Communication and Practice
- Drug Information Service
- Clinical Pharmacy Management
- Clinical Pharmacy Practice Simulation (Clinical case simulation, presentation on special pharmacy topics, role playing)
- Writing and Presenting Reports (guidelines/format for writing PKPA results reports; case presentations
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah dalam praktik kefarmasian dan mengembangkan solusi yang praktis dan inovatif untuk meningkatkan efektivitas pelayanan dan manajemen di rumah sakit
- Mahasiswa mampu berkomunikasi secara efektif dengan pasien, tenaga kesehatan, dan anggota tim multidisiplin, serta berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan hasil terapi
- Mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip etika profesi dalam pengambilan keputusan sehari-hari selama menjalankan praktik kefarmasian.
| - Able to identify challenges in pharmacy practice and develop practical and innovative solutions to improve the effectiveness of hospital services and management.
- Able to communicate effectively with patients, health workers, and multidisciplinary team members, and collaborate to improve the quality of health services and therapy outcomes.
- Able to integrate the principles of professional ethics in daily decision making during pharmaceutical practice.
|
---|
Metode Pembelajaran | Tugas terstruktur, pembelajaran mandiri, diskusi | Structured assignment, independent learning, discussion |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual, auditorial, sinkronous, asinkronous | Visual, auditorial, Synchronous, Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Portofolio/makalah, Presentasi | Portofolio, Assignment Presentation |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|