| Kode Mata Kuliah | SA6068 / 2 SKS | 
|---|
| Penyelenggara | 258 - Water Resources Management / FTSL | 
|---|
| Kategori | Lecture | 
|---|
|  | Bahasa Indonesia | English | 
|---|
| Nama Mata Kuliah | Studi Mandiri Rekayasa Sungai | Independent Study in River Engineering | 
|---|
| Bahan Kajian | Konservasi SDASistem informasi SDADaya rusak airRisikoOptimasiBerpikir kritis, penyelesaian masalah, pengambilan keputusanPembelajaran sepanjang hayatSikap profesional dan tanggung jawab etikKebijakan Publik
 | 
 | 
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | Menerapkan ilmu pengetahuan dalam memahami dan memecahkan masalah terkait sumber daya airMenerapkan prinsip-prinsip rekayasa dalam menyelesaikan permasalahan sumber daya airMendeskripsikan beberapa metodologi untuk mendapatkan / memperoleh dataMenganalisis data hasil eksperimen dalam mengidentifikasi dan memahami permasalahan sumber daya air.Menginterpretasikan data eksperimen dalam memberikan solusi yang tepat terkait permasalahan sumber daya air.Menentukan teknik dan alat yang relevan dalam melakukan tugas yang spesifik terkait permasalahan sumber daya airMenggunakan peralatan modern dalam pengembangan model matematika, pengukuran data dan analisisnyaKemampuan untuk memilih sistem atau komponen sumber daya air yang kreatif dan inovatif.Menerapkan prinsip-prinsip etika dalam setiap keputusan rekayasa sumber daya airMenerapkan etika dan standar profesional dalam memperoleh, melaporkan dan menganalisis data.Mengidentifikasi konteks sosial, ekonomi, lingkungan, dan global dalam permasalahan sumber daya airMempertimbangkan masalah sosial, ekonomi, lingkungan dan global dalam solusi permasalahan sumber daya airMengorganisasi dan menyintesiskan kenyataan, formulasi, dan teori dari isu-isu terkini dalam satu pemahaman yang komprehensifMenggunakan perpustakaan daring dalam melakukan kegiatan risetMengidentifikasi kebutuhan pembelajaran sepanjang hayat untuk terus mengembangkan keahlian dalam bidang sumber daya air.Membuat presentasi yang informatif dan menarik secara visualMenggunakan bahasa dan tata bahasa yang baik termasuk penggunaan persamaan matematika dan ilustrasinyaMelakukan argumentasi yang persuasif, masuk akal, dan didukung oleh bukti untuk mendukung suatu pernyataan atau tesisMampu untuk mengelola pekerjaan dan proyek sumber daya air dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan.Mengintegrasikan elemen pengelolaan konstruksi dalam proyek-proyek sumber daya airMengelola aset yang terkait dengan sumber daya air secara efisien.Menganalisis kebijakan dan kelembagaan pengelolaan sumber daya air berdasarkan analisis yang komprehensif
 | 
 | 
|---|
| Metode Pembelajaran | Kombinasi pembelajaran kolaboratif 
Diskusi kelompok
Analisis studi kasus
Pembelajaran berbasis proyek |  | 
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring / Sinkron / Kelompok / Mandiri |  | 
|---|
| Jenis Nilai | Pass/Fail | 
|---|
| Metode Penilaian | Pass/Fail |  | 
|---|
| Catatan Tambahan |  |  | 
|---|