| Kode Mata Kuliah | NT7002 / 2 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 387 - Nanoscience and Nanotechnology / SPS |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Filsafat Ilmu Pengetahuan | Philosophy of Science |
|---|
| Bahan Kajian | - Struktur, batas dan wewenang ilmu pengetahuan, agama, teknologi, seni maupun ilmu sosial dan kemasyarakatan. Interaksi antar domain yang mempengaruhi penelitian ilmiah, termasuk kriteria demarkasi, serta pengenalan kecerdasan buatan dan dampaknya pada praktek ilmiah
- Filsafat ilmu, sejarah, dan proses pengembangan ilmu pengetahuan
- Kesamaan dan perbedaan dalam filsafat pengembangan keilmuan antara hard science, ilmu sosial, seni, dan teknologi, serta pertanyaan dan debat filosofis yang relevan dengan setiap disiplin ilmiah.
- Metoda pengembangan ilmu pengetahuan berbasis eksperimen, teori ataupun simulasi/berbasis teknologi (termasuk kecerdasan buatan)
- Etika dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Rambu-rambu dan batasan dalam pengembangan keilmuan dalam kaitannya dengan agama serta nilai- nilai kemasyarakatan
- Filsafat sains dan artificial intelligence, perkembangan teknologi AI dalam mempengaruhi praktik dan metodologi ilmiah tradisional serta implikasi filosofis dan etisnya.
| - The structure, boundaries, and authority of science, religion, technology, art, and social sciences. Interactions between domains that influence scientific research, including demarcation criteria, and the introduction of artificial intelligence and its impact on scientific practice.
- Philosophy of science, history, and the process of scientific development
- Similarities and differences in the philosophy of scientific development between hard science, social science, art, and technology, as well as philosophical questions and debates relevant to each scientific discipline.
- Methods of developing scientific knowledge based on experiments, theory or simulation/technology (including artificial intelligence)
- Ethics in the development of science and technology
- Signs and limitations in the development of science in relation to religion and social values
- Philosophy of science and artificial intelligence, the development of AI technology in influencing traditional scientific practices and methodologies and its philosophical and ethical implications.
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu memahami proses pengembangan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi secara benar dengan menjunjung tinggi etika
- Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi melalui riset dengan pendekatan multidisiplin dan integratif, sambil tetap menguasai keahlian dalam disiplin ilmu tertentu.
- Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi yang muncul dan paradigma ilmiah baru, termasuk kecerdasan buatan (AI), serta secara kritis mengevaluasi implikasinya terhadap praktik dan pemahaman ilmu pengetahuan. Mampu mengembangkan pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidangnya yang menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji.
| - Able to understand the process of developing science and/or technology correctly while upholding ethics
- Able to solve science and technology problems through research with a multidisciplinary and integrative approach, while still mastering expertise in certain scientific disciplines.
- Ability to adapt to emerging technologies and new scientific paradigms, including artificial intelligence (AI), and critically evaluate their implications for scientific practice and understanding. Ability to develop knowledge and/or technology in their field, resulting in creative, original, and proven work.
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Kuliah, diskusi, kerja kelompok, kerja mandiri | Lectures, discussions, group work, independent work |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Pembelajaran aktif, topik-topik khusus | Active learning, special topics |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Karya tulis, presentasi | Written work, presentations |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|