| Kode Mata Kuliah | TC5106 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 279 - Technoculture / SPS |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Teknolinguistik | Technolinguistics |
|---|
| Bahan Kajian | - Hubungan kompleks antara teknologi, bahasa, dan budaya dalam masyarakat kontemporer.
- Bagaimana perkembangan teknologi membentuk praktik linguistik, pola komunikasi, dan proses pembentukan makna.
- Bagaimana bahasa membangun pemahaman tentang teknologi.
- Interface tekno-linguistik yang mengkonfigurasi ulang kognisi manusia, identitas, dan organisasi sosial.
| - The complex relationship between technology, language and culture in contemporary society.
- How technological developments shape linguistic practices, communication patterns, and meaning-making processes.
- How language builds understanding of technology.
- Techno-linguistic interfaces that reconfigure human cognition, identity, and social organization.
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Menganalisis kerangka teoritis yang mengonseptualisasikan hubungan antara teknologi dan bahasa
- Mengkritisi cara teknologi memediasi praktik linguistik di berbagai konteks dan platform
- Mengevaluasi implikasi etis dari kontrol teknologi terhadap bahasa dan wacana
- Menerapkan teori-teori kunci pada studi kasus kontemporer komunikasi teknologi
- Mengembangkan penelitian asli yang berkontribusi pada beasiswa di bidang teknolinguistik
| - Analyze the theoretical frameworks that conceptualize the relationship between technology and language.
- Criticize the ways technology mediates linguistic practices across various contexts and platforms.
- Evaluate the ethical implications of technological control over language and discourse
- Apply key theories to contemporary case studies of technological communication
- Develop original research that contributes to scholarship on technolinguistics
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Kuliah, diskusi kelompok, workshop, tugas individu, proyek kelompok, presentasi hasil proyek. | Lectures, group discussions, workshops, individual assignments, group projects, presentations of project results. |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring sinkron, daring sinkron, daring asinkron, LMS (Learning Management System). | Synchronous offline, synchronous online, asynchronous online, LMS (Learning Management System). |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | • Partisipasi dan keterlibatan: 15%
• Respons bacaan (mingguan): 15%
• Proposal proyek tengah semester: 10%
• Presentasi dan makalah tengah semester: 25%
• Abstrak dan outline proyek akhir: 10%
• Presentasi dan makalah proyek akhir: 25% | • Participation and engagement: 15%
• Reading responses (weekly): 15%
• Midterm project proposal: 10%
• Midterm presentation and paper: 25%
• Final project abstract and outline: 10%
• Final project presentation and paper: 25% |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|