Kode Mata KuliahAR2211 / 3 SKS
Penyelenggara152 - Arsitektur / SAPPK
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPendekatan Perilaku dalam DesainBehavior Approach in Design Architecture
Bahan Kajian
  1. BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan
  2. BK 2.1 Tata Ruang dan Bentuk: bentuk dan ruang yang kreatif, dan berkomunikasi dengan alat dan media yang tepat secara efektif
  1. BK 1.4 Architecture and Society: factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment
  2. BK 2.1 Space and Form: Creative form and space, and communicating effectively with appropriate tools and media.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu memahami (menganalisis dan mengevaluasi) keterkaitan antara teori-teori perilaku lingkungan dan alasan penggunaannya dalam perancangan arsitektur (Environmental Cognition Theory, Env,ironmental Stress Theory and Theurapeutic Theory, Privacy, Personal Space, and Territory, Environmental Preference Theory, Place Attachment Theory, dan Environmental Affordance Theory)
  2. Mampu menjelaskan hubungan sebab-akibat antara lingkungan yang dirancang oleh arsitek dan manusia sebagai pengguna lingkungan tersebut dengan menjelaskan teori-teori berkaitan dengan perilaku yang relevan dengan persoalan-persoalan perancangan
  3. Mampu menjelaskan kriteria-kritera perancangan yang disebutkan di dalam teori dan bagaimana menerapkan dalam solusi atas persoalan perancangan
  1. Able to understand (analyse and evaluate) the relationship between theories of environmental behaviour and the reasons for their use in architectural design (Environmental Cognition Theory, Environmental Stress Theory and Theurapeutic Theory, Privacy, Personal Space, and Territory, Environmental Preference Theory, Place Attachment Theory, and Environmental Affordance Theory).
  2. Able to explain the cause-and-effect relationship between the environment designed by architects and humans as users of the environment by explaining theories related to behaviour relevant to design issues.
  3. Able to explain the design criteria mentioned in the theory and how to apply them in the solution of design problems.
Metode PembelajaranCeramah Diskusi kelompok Pembelajaran berbasis Masalah/Studi KasusLecture Group discussion Problem-based Learning/Case Study
Modalitas PembelajaranLuring Sinkron Bauran/Daring AsinkronSynchronous Offline Asynchronous Mix/Online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas Individu, Tugas Kelompok, Ujian Tengah Semester, UASIndividual Assignment, Group Assignment, Mid Semester Exam, Final Exam
Catatan Tambahan--