Kode Mata Kuliah | AR3231 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 152 - Arsitektur / SAPPK |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Arsitektur Islam | Architecture of Islam |
---|
Bahan Kajian | - BK 1.2 Sejarah dan Budaya Arsitektur Dunia: keragaman sejarah dan budaya arsitektur dunia
- BK 1.3 Sejarah dan Tradisi Arsitektur Indonesia: filosofi, prinsip arsitektur dan tradisi budaya arsitektur Indonesia yang unik
- BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan
| - BK 1.2 World Architectural History and Culture: the diversity of world architectural history and culture
- BK 1.3 Indonesian Architectural History and Traditions: the philosophy, architectural principles and cultural traditions of Indonesia's unique architecture
- BK 1.4 Architecture and Society: factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan beragam definisi dan pengertian dan diskursus istilah Arsitektur Islam dan memahami konsekuensi dari istilah serta pengertiannya masing-masing
- Mampu memahami arsitektur dan lingkungan binaan yang merupakan salah satu wujud dari kebudayaan dan keterkaitan dengan Agama Islam dari berbagai sudut pandang teori dan ragam interpretasi
- Mampu menjelaskan perkembangan dan keragaman regional perwujudan Arsitektur Islam di berbagai belahan dunia dari Arab, Timur Tengah, Eropa, Asia Tengah, Afrika, India, Asia Tenggara hingga Indonesia
- Mampu menjelaskan keragaman konsep, interpretasi dan eksplorasi prinsip-prinsip Islam dalam perencanaan dan perancangan arsitektur dan lingkungan binaan dalam konteks kekinian dan perwujudan lokal keindonesiaan.
| - Able to explain various definitions and understandings and discourses of Islamic Architecture terms and understand the consequences of the terms and their respective understandings
- Able to understand architecture and the built environment as a form of culture and the relationship with Islam from various theoretical perspectives and various interpretations.
- Able to explain the development and regional diversity of the realization of Islamic Architecture in various parts of the world from Arabia, the Middle East, Europe, Central Asia, Africa, India, Southeast Asia to Indonesia.
- Able to explain the diversity of concepts, interpretations and explorations of Islamic principles in planning and designing architecture and the built environment in the context of contemporary and local Indonesian manifestations.
|
---|
Metode Pembelajaran | Pembelajaran di kelas:
presentasi individu dan kelompok
Diskusi kelompok dan kelas
Penugasan terstruktur/Kuliah lapangan bedah karya arsitektur/: Resume, project-based study, kunjungan karya
Kegiatan mandiri: studi literatur individu dan kelompok | Classroom learning:
• individual and group presentations
• Group and class discussion
Structured assignment / Architectural field study /: Resume, project-based study, work visit
Independent activities: individual and group literature study |
---|
Modalitas Pembelajaran | Mengungkapkan dan menguraikan pengertian, istilah, dan keterkaitan antara Islam sebagai Agama, entitas, sejarah dan budaya dengan arsitektur dan lingkungan binaannya, perkembangan dan keragamaan regional dalam sejarahnya, serta ekplorasi ide, gagasan, konsep arsitekturnya dalam konteks kekinian dan keindonesiaan secara visual, lisan, multimedia dan tertulis
Pelaksanaan secara sinkronous dan asinkronous | Reveal and elaborate the meaning, terms, and the relationship between Islam as a religion, entity, history and culture with architecture and its built environment, regional development and diversity in its history, as well as the exploration of ideas, ideas, architectural concepts in the context of present and Indonesia visually, orally, multimedia and written.
Synchronous and asynchronous implementation |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas kajian literatur
Tugas resume kuliah lapangan
Presentasi dan partisipasi diskusi di kelas
Pembuatan makalah
Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Akhir Semester (UAS) | Literature review assignment
Field lecture resume assignment
Presentation and discussion participation in class
Paper making
Midterm Exam (UTS)
End of Semester Exam (UAS) |
---|
Catatan Tambahan | - | - |
---|