Kode Mata Kuliah | AR4111 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 152 - Arsitektur / SAPPK |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Placemaking dan Eksperimen Sosial | Placemaking and Social Experiment |
---|
Bahan Kajian | - BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang memengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan
- BK 2.6 Arsitektur dan Perencanaan Kota: prinsip-prinsip dasar perencanaan kota, perencanaan komunitas, dan rencana unit kawasan dalam melakukan perencanaan kota.
| - BK 1.4 Architecture and Society: factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment
- BK 2.6 Architecture and Urban Planning: basic principles of urban planning, community planning, and area unit plans in conducting urban planning.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu memahami apa placemaking, mengapa placemaking diperlukan dan bagaimana menganalisa issue berkaitan dengan pengguna dan tempat, khususnya dalam perancangan kota
- Mampu memahami peran unsur pengguna dalam placemaking dan mengkarakterisasi unsur penggunanya
- Mampu merancang kegiatan dengan menggunakan teori placemaking, termasuk mampu menganalisa persoalan yang ada dalam suatu masyarakat perkotaan tertentu.
- Mampu mengimplementasikan/ merancang melalui sosial experimen dengan tujuan memberi solusi nyata atas persoalan dalam masyarakat perkotaan, termasuk mengaplikasikan customer map journey
- Mampu mengevaluasi dan mengkomunikasikan hasil eksperimen sosial
| - Able to understand what placemaking is, why placemaking is needed and how to analyse issues related to users and places, especially in urban design.
- Able to understand the role of the user element in placemaking and characterise the user element.
- Able to design activities using placemaking theory, including being able to analyse the problems that exist in a particular urban community.
- Able to implement/design through social experiments with the aim of providing real solutions to problems in urban communities, including applying customer journey maps.
- Able to evaluate and communicate the results of social experiments
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah
Diskusi kelompok
Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus
Pelaksanaan sosial eksperimen di lapangan | Lecture
Group discussion
Problem-based learning/Case studies
Implementation of social experiments in the field |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron
Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline
Asynchronous Blended/Online |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas Individu, Tugas Kelompok, Ujian Tengah Semester, UAS | Individual Assignment, Group Assignment, Mid Semester Exam, Final Exam |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|