Kode Mata KuliahAR4201 / 3 SKS
Penyelenggara152 - Arsitektur / SAPPK
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSeminar PenelitianResearch Seminar
Bahan Kajian
  1. BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. BK 1.3 Sejarah dan Tradisi Arsitektur Indonesia: filosofi, prinsip arsitektur dan tradisi budaya arsitektur Indonesia yang unik
  3. BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan
  1. BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology
  2. BK 1.3 Indonesian Architectural History and Traditions: the philosophy, architectural principles and cultural traditions of Indonesia's unique architecture
  3. BK 1.4 Architecture and Society: the factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami kontribusi penelitian pada penyusunan pengetahuan, penyusunan teori, dan perancangan.
  2. Memahami (menerapkan dan menganalisis) kategori penelitian arsitektur, yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi konteks budaya yang dapat direspon dalam perancangan.
  3. Memahami (menerapkan dan menganalisis) kategori penelitian arsitektur, yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi konsepsi dan aktivitas pengguna yang dapat diwadahi dalam perancangan.
  4. Menerapkan, menganalisis, dan memgevaluasi data survey, observasi, dan arsip secara berkelompok.
  5. Menerapkan, menganalisis, dan memgevaluasi data teks dan visual secara berkelompok.
  6. Menerapkan, menganalisis, dan memgevaluasi laporan dan presentasi hasil penelitian secara berkelompok.
  1. Understand the contribution of research to knowledge generation, theorisation and design.
  2. Understand (apply and analyse) categories of architectural research, which can be used to explore cultural contexts that can be responded to in design.
  3. Understand (apply and analyse) categories of architectural research, which can be used to explore conceptions and user activities that can be accommodated in design.
  4. Apply, analyse and evaluate survey, observation and archival data in groups.
  5. Apply, analyse and evaluate textual and visual data in groups.
  6. Apply, analyse and evaluate research reports and presentations in groups.
Metode PembelajaranCeramah/kuliah pakar Project-based learning (PjBL) | Team-based project  TutorialLecture/expert lecture Project-based learning (PjBL) | Team-based project  Tutorial
Modalitas PembelajaranLuring (sinkron) dan daring (sinkron dan asinkron)Offline (synchronous) and online (synchronous and asynchronous)
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas (penelitian, laporan, dan presentasi)Assignments (research, report, and presentation)
Catatan Tambahan--