Kode Mata Kuliah | AR4231 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 152 - Arsitektur / SAPPK |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Kritik Arsitektur | Architectural Criticism |
---|
Bahan Kajian | - BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi
- BK 1.2 Sejarah dan Budaya Arsitektur Dunia: keragaman sejarah dan budaya arsitektur dunia
- BK 1.3 Sejarah dan Tradisi Arsitektur Indonesia: filosofi, prinsip arsitektur dan tradisi budaya arsitektur Indonesia yang unik
- BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan
| - BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology
- BK 1.2 World Architectural History and Culture: the diversity of world architectural history and culture
- BK 1.3 Indonesian Architectural History and Traditions: the philosophy, architectural principles and cultural traditions of Indonesia's unique architecture
- BK 1.4 Architecture and Society: the factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan konsep-konsep dan teorisasi tentang arsitektur sebagai peristiwa historis
- Mampu menjelaskan Fenomnea arsitektur dan lingkunganbinaan dengan menggunakan konsep Kritik Arsitektur yang dipilih
- Mampu mengkritisi bangunan, lingkungan binaan, dan/atau pemikiran arsitektural, terutama dengan metoda deskriptif analisis, dengan mengkaitkan desain arsitektur terhadap dengan konteks jaman, budaya, lokasi dan tempatnya
- Mampu menjadikan ilmu sejarah arsitektur Indonesia dan dunia sebagai bahan melakukan kritik terhadap desain bangunan dan/atau lingkungan binaan , baik dengan menggunakan metode normatif, , interpretative maupun deskriptif
- Mampu menanggapi isu-isu arsitektur dan lingkungan binaan di Indonesia terkini
- Mampu mendiskusikan secara konstruktif dan adil isu-isu desain arsitektur (seperti konteks jaman, budaya, lokasi) dalam sebuah forum interaktif, lisan dengan baik, dan meyakinkan
- Mampu menanggapi secara kritis fenomena arsitektur atau lingkungan binaan, dan/atau pemikiran arsitektural dengan menggunakan satu atau lebih kasus dengan tema kritik yang spesifik.
- Mampu menyajikan kajian kritisnya secara tertulis dan lisan dengan baik dan benar dan memberi wawasan yang baik bagi pedengar dan pembacanya.
| - Able to explain concepts and theorisations about architecture as a historical event.
- Able to explain architectural phenomena and built environment by using the chosen concept of architecture criticism.
- Able to criticise buildings, the built environment, and/or architectural thinking, especially with descriptive analysis methods, by relating architectural designs to the context of the era, culture, location and place.
- Able to use the knowledge of Indonesian and world architectural history as material for criticising building designs and/or the built environment, either by using normative, interpretative or descriptive methods.
- Able to respond to current issues of architecture and the built environment in Indonesia
- Able to discuss constructively and fairly architectural design issues (such as the context of time, culture, location) in an interactive forum, orally well, and convincingly.
- Able to respond critically to architectural or built environment phenomena, and/or architectural thinking by using one or more cases with specific themes of criticism.
- Able to present his/her critical studies in writing and orally well and correctly and provide good insights for listeners and readers.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah Tatap Muka
Kuliah Tamu
Diskusi Kelompok
Studi Kasus
Pembelajaran berbasis Masalah | Face-to-Face Lectures
Guest Lecture
Group Discussion
Case Study
Problem-based Learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran
Sinkron dan Asinkron
Diskusi
Pembelajaran Kolaboratif | Synchronous and Asynchronous Mix
Collaborative Learning Discussion |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Akhir Semester (UAS) | Mid Semester Exam (UTS)
End Semester Exam (UAS) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|