| Kode Mata Kuliah | FI4003 / 2 SKS | 
|---|
| Penyelenggara | 102 - Fisika / FMIPA | 
|---|
| Kategori | Kuliah | 
|---|
|  | Bahasa Indonesia | English | 
|---|
| Nama Mata Kuliah | Penyelesaian Problem dalam Fisika | Problem Solving in Physics | 
|---|
| Bahan Kajian | Pengenalan Penyelesaian Problem dalam FisikaProblem dengan satu konsepProblem dengan multi konsepEstimasi dan Orde BesarProblem dengan parameter tak tentuPemodelan MatematikaPerancangan Berbasis Fisika
 | Introduction to Problem Solving in PhysicsProblem with one conceptProblems with multiple conceptsEstimates and Large OrdersProblems with uncertain parametersMathematical ModelingPhysics Based Design
 | 
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | Mampu mengidentifikasi konsep-konsep Fisika yang diperlukan untuk memecahkan problem yang diberikanMampu memformulasikan langkah penyelesaian problem fisis yang diberikan menggunakan pengetahuan fisika yang dimilikiMampu menentukan solusi dari problem fisis yang diberikanMampu menganalisa solusi yang didapat dari problem fisis yang diberikanMampu menyampaikan argumentasi penyelesaian problem secara lisan dan tulisan dengan runut dan benarMenunjukkan keaktifan dan kontribusi kepada proses pembelajaran baik dalam kerja mandiri maupun dalam kelomplokMampu mengaplikasikan pengetahuan fisika yang dimiliki untuk memecahkan problem secara holistikMenunjukkan karakter ilmuwan dalam unjuk kerjanya melalui kreativitas, penghargaan pada pendapat lain dan kejujuranMampu mensintesa pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan suatu problem fisis yang lebih rumit (sophisticated)
 | Able to identify physics concepts needed to solve given problemsAble to formulate steps to solve given physical problems using existing physics knowledgeAble to determine solutions to given physical problemsAble to analyze solutions obtained from given physical problemsAble to convey problem solving arguments verbally and in writing coherently and correctlyDemonstrate activeness and contribution to the learning process both in independent work and in groupsAble to apply existing physics knowledge to solve problems holisticallyDemonstrate the character of a scientist in his work performance through creativity, respect for other opinions and honestyAble to synthesize the knowledge possessed to solve a more complicated physical problem (sophisticated)
 | 
|---|
| Metode Pembelajaran | Ceramah, Pembelajaran berbasis masalah, Pembelajaran berbasis proyek, Pembelajaran berbasis kasus, Pembelajaran berbasis kolaborasi | Lectures, Problem-based learning, Project-based learning, Case-based learning, Collaboration-based learning | 
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron, Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline, Asynchronous Mixed/Online | 
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE | 
|---|
| Metode Penilaian | Tugas, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester | Assignments, Midterm Exams, Final Semester Exams | 
|---|
| Catatan Tambahan | MKWP |  | 
|---|