Kode Mata Kuliah | BA1201 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 114 - Rekayasa Pertanian / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Kimia Pertanian | Agricultural Chemistry |
---|
Bahan Kajian | - Kinetika dan Kesetimbangan Kimia
- Kimia Larutan
- Koloid
- Teori Asam dan Basa; Kesetimbangan Asam dan Basa
- Kimia Organik
- Proses Kimia di Dalam Pertanian
- Biomolekul
- Metabolisme pada Sistem Tubuh Tumbuhan
- Fotosintesis dan Respirasi di Dalam Tumbuhan
- Nutrisi Tanaman
- Tanah Sebagai Sumber Nutrisi Tanaman
- Kimia Pupuk
- Kimia Pestisida
| - Chemical Kinetics and Equilibrium
- Solution Chemistry
- Colloids
- Acid and Base Theory; Acid and Base Equilibrium
- Organic Chemistry
- Chemical Processes in Agriculture
- Biomolecules
- Metabolism in Plant Systems
- Photosynthesis and Respiration in Plants
- Plant Nutrition
- Soil as a Source of Plant Nutrients
- Fertilizer Chemistry
- Pesticide Chemistry
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan prinsip-prinsip kimia
- Mampu menerapkan prinsip-prinsip kimia untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip rekayasa pertanian
- Mampu mengidentifikasi dan melaksanakan eksperimen laboratorium kimia yang terkait dengan prinsip-prinsip rekayasa pertanian
- Mampu menganalisis data untuk memperkuat penilaian rekayasa pertanian
- Mampu memilih metode dan/atau alat berdasarkan kekuatan dan batasan metode dan/atau alat terkait untuk memecahkan permasalahan kimia terkait rekayasa pertanian
- Mampu menggunakan dan menyesuaikan metode dan/atau alat terhadap permasalah kimia pada rekayasa pertanian
- Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas dalam tim
- Mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan tim
- Mampu meringkas dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok
| - Able to explain the principles of chemistry
- Able to apply the principles of chemistry to gain a comprehensive understanding of agricultural engineering principles
- Able to identify and conduct chemical laboratory experiments related to agricultural engineering principles
- Able to analyze data to support agricultural engineering assessments
- Able to select methods and/or tools based on the strengths and limitations of the methods and/or tools to solve chemical problems related to agricultural engineering
- Able to use and adjust methods and/or tools to address chemical problems in agricultural engineering
- Able to plan, complete, and evaluate tasks in a team
- Able to actively participate in team discussions
- Able to summarize and conclude the results of group discussions
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi kelompok, Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus, Praktikum | Lectures, Group presentations and discussions, Problem-Based Learning/Case Studies, Practicum |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron, Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline, Asynchronous Mix/Online |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis, Tugas Kelompok, UTS, UAS, Praktikum | Quiz, Group Assignment, midterm exam, endterm exam, Practicum |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|