| Kode Mata Kuliah | PP2201 / 3 SKS | 
|---|
| Penyelenggara | 119 - Teknologi Pasca Panen / SITH | 
|---|
| Kategori | Kuliah | 
|---|
 | Bahasa Indonesia | English | 
|---|
| Nama Mata Kuliah | Mikrobiologi Pasca Panen | Postharvest Microbiology | 
|---|
| Bahan Kajian | - Mikroorganisme pada produk Pasca Panen
 - Pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan mikroba
 - Teknik-teknik pengendalian mikroba
 - Keamanan dan patogen pada pasca panen
 - Analisis dan perhitungan mikrobiologis
 - Inovasi dan teknologi mikrobiologi pasca panen
 
  | - Microorganisms in Post-Harvest products
 - Environmental influence on microbial growth
 - Microbial control techniques
 - Post-harvest safety and pathogens
 - Microbiological analysis and calculations
 - Post-harvest microbiology innovation and technology
 
  | 
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu mendeskripsikan struktur sel dan fungsi mikroba serta pengaruhnya terhadap produk pascapanen
 - Mahasiswa mampu menerangkan konsep metabolisme mikroba dan dapat mengkategorikan perbedaannya
 - Mahasiswa mampu menghitung pertumbuhan mikroba
 - Mahasiswa mampu mengkorelasikan aplikasi mikrobiologi dalam bidang pasca panenĀ 
 - Mahasiswa mampu mengukur perubahan yang terjadi pada produk pasca panen sebagai akibat dari pertumbuhan mikroba dan menganalisis hasilnya
 - Mahasiswa mampu menggunakan peralatan dasar laboratorium mikrobiologi sesuai dengan fungsinya
 - Mahasiswa mampu mengaplikasikan keselamatan kerja di laboratorium dengan penggunaan peralatan keselamatan kerja laboratorium yang baik serta prosedur keselamatannya
 - Mahasiswa mampu menjelaskan peran mikroba di dalam aplikasi proses pasca panenĀ 
 - Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan antara sains dan rekayasa serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
 - Mahasiswa mampu Mendemonstrasikan kemampuan bekerja dan berkomunikasi secara efektif di dalam kelompok
 
  | - Students are able to describe the cell structure and function of microbes and their influence on post-harvest products
 - Students are able to explain the concept of microbial metabolism and can categorize the differences
 - Students are able to calculate microbial growth
 - Students are able to correlate the application of microbiology in the post-harvest field
 - Students are able to measure changes that occur in post-harvest products as a result of microbial growth and analyze the results
 - Students are able to use basic microbiology laboratory equipment according to its function
 - Students are able to apply work safety in the laboratory by using good laboratory work safety equipment and safety procedures
 - Students are able to explain the role of microbes in post-harvest process applications
 - Students are able to identify the relationship between science and engineering and its application in everyday life.
 - Students are able to demonstrate the ability to work and communicate effectively in groups
 
  | 
|---|
| Metode Pembelajaran | kombinasi ceramah, diskusi antar kelompok, diskusi interaktif di kelas, dan praktikum | A combination of lectures, discussions between groups, interactive discussions in class, and practicum | 
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Visual, Auditorial, Kinestetik, Verbal, Sosial, dan Soliter | Visual, Auditory, Kinesthetic, Verbal, Social, and Solitary | 
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE | 
|---|
| Metode Penilaian | ujian tertulis, tugas, dan praktikum | written exams, assignments, and practicals | 
|---|
| Catatan Tambahan |  |  | 
|---|