Kode Mata Kuliah | DI4009 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 173 - Desain Interior / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Ruang dan Eksperimen Kreatif (B) | Interior Design Experiment (B) |
---|
Bahan Kajian | - "Membingkai ulang interioritas spasial keseharian (Everyday Spatial)
(Pertemuan 1 - 4)"
- "Sifat kombinatorial berpikir kreatif (Concept Mapping, Concept Blending, Concept Integration)
(Pertemuan 5 - 7)"
- "Pengembangan dan eksperimen desain dengan pendekatan UX dan narasi spasial
(Pertemuan 9 - 11)"
- "Fabrikasi dengan 3D printing dan Simulasi dengan generated AI
(Pertemuan 12 & 14)"
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu berpikir logis sekaligus intuitif dalam mengidentifikasi interioritas spasial keseharian (materiil dan imateriil).
- Mampu mengaktivasi kombinatorial berpikir kreatif (Concept Mapping, Concept Blending, Concept Integration).
- "Mampu bereksperimen desain dengan berbagai pendekatan non-konvensional l yang menghasilkan solusi desain permasalahan manusia dan ruang (wicked problem). "
- Mampu memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk pembelajaran.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah/ Kuliah Dosen Tamu
Diskusi
Collaborative Learning
Team-Based Project
Studi Kasus | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Hybrid
"Sinkronik dilaksanakan 90% dari seluruh proses kuliah yang bersifat kuliah praktek di studio. Proses design critics / design consultation dilaksanakan secara tatap muka / person to person untuk menjamin seluruh komponen desain dikonsultasikan secara lengkap.
Asinkron dilaksanakan bagi sesi latihan mandiri yang dibantu melalui penggunaan Memanfaatkan Learning Management System/Open Online Courses (Edunex, Google Classroom, Zoom, dan Whatsapps Group)" | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | "(1) Tugas 1 (Individual): Membingkai ulang interioritas spasial keseharian
(2) Tugas 2 (Group): Eksperimen kreatif solusi interioritas spasial keseharian
(3) UTS: Proposal Eksperimen kreatif
(4) UAS: Eksibisi Desain (offline / online)" | |
---|
Catatan Tambahan | "Strategi Pedagogi dan Pesan untuk Pengajar
1. Kehadiran mahasiswa/i (kuliah, tutorial, studio, dll) tidak boleh kurang dari 80%.
2. Mahasiswa/i yang tidak berhalangan hadir karena alasan khusus (kesehatan, emergensi, aktivitas resmi, dll) harus dilengkapi dokumen resmi dari pengajar / yang berwenang. Tanpa kelengkapan surat resmi dan kehadiran dibawah 80% maka tidak diperkenankan mengikuti UTS atau UAS.
3. Semua aturan akademik PSDI, Fakultas dan Universitas berlaku." | |
---|