Kode Mata Kuliah | DI4006 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 173 - Desain Interior / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Konservasi Interior Bersejarah | Interior Design Heritage Conservation |
---|
Bahan Kajian | - Konsep Dasar Kebudayaan dan Pelestarian Benda Cagar Budaya (BCG)
- Studi Kasus dan Pengamatan Lapangan
- Penyusunan Gagasan Pelestarian BCG
- Definisi dan Aturan dalam Kegiatan Pelestarian BCG
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami etika dalam bidang profesi desain interior
- Mampu mengikuti instruksi yang diberikan sesuai dengan prosedur kerja
- Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang diberikan
- Memahami dasar-dasar kesejarahan dan wawasan seni rupa, desain, teknik, material dan budaya yang menunjang keilmuan desain interior
- Mampu mengoordinasikan pengetahuan berbagai pengetahuan dan wawasan seni maupun desain untuk mendukung kinerja desain interior
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah/ Kuliah Dosen Tamu
Diskusi
Studi Kasus | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Sinkronik
Perkuliahan dilakukan dengan metode tatap muka. Perkuliahan dilaksanakan dengan 2 (dua) kegiatan utama, yaitu: paparan materi teori dan studi kasus lapangan. Paparan materi meliputi penjelasan, di antaranya, mengenai aturan dan teori pelestarian, wawasan kebudayaan dalam kaitannya dengan upaya pelestarian. Adapun studi kasus lapangan lebih menitikberatkan pada penjelasan kasus nyata pelestarian di kelas dan/atau di lapangan (on the spot). | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Rubrik
Secara umum, penilaian pada perkuliahan ini bersifat perorangan dan kelompok. Masing-masing penilaian tersebut didasarkan pada kriteria: 1) tingkat pengetahuan/wawasan teoritis peserta kuliah mengenai kebudayaan dan upaya pelestarian BCG, 2) kemampuan peserta kuliah dalam menilai dan menginterpretasi BCG, 3) kemampuan peserta kuliah dalam menyusun gagasan dan/atau strategi pelestarian dari kasus yang dipilihnya. | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|