Kode Mata KuliahWI1103 / 2 SKS
Penyelenggara179 - Mata Kuliah Umum (MKU) / NONFS
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPengantar Prinsip KeberlanjutanIntroduction to Principles of Sustainability
Bahan Kajian
  1. Paradigma relasi kehidupan manusia – bumi, filosofi etika bumi, dampak perilaku manusia terhadap bumi
  2. Konsep penghidupan di Belahan Bumi Selatan dan Kebersamaan (the Common ground)
  3. Pengenalan Konsep SDG dan Dampak Perubahan Iklim
  4. Konsep Pemikiran Interrelasi antara dimensi Lingkungan, Ekonomi, sosial sebagai kesatuan (nexxus based)
  5. Re-interpretasi Konsep Keberlanjutan di setiap F/S
  6. Praktek Intepretasi dan mengasah sensitifitas prinsip keberlanjutan menggunakan studi kasus lokal
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu memahami mengenai konsep keberlanjutan dengan perspektif holistik dan/atau filosofis yang mengintegrasikan pertimbangan etika lingkungan/bumi, pendekatan interdisiplin dan refleksi pribadi;
    2. Mahasiswa mampu memahami ketidakpastian dan ambiguitas dalam mengenali isu sustainability (keberlanjutan), namun mengembangkan pemikiran antisipatif dalam menjalankannya;
    3. Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan antara konsep-konsep lingkungan terbangun/ infrastruktur/ teknologi dengan sistem alamiah/lingkungan terwujudkan sebagai keterkaitan atau nexus
    4. Mahasiswa mampu menjelaskan tantangan pembangunan di belahan bumi selatan dalam menerapkan konsep keberlanjutan, terutama melalui tujuan pembangunan berkelanjutan
    5. Mahasiswa dapat mengidentifikasi isu keberlanjutan dan menawarkan alternatif pandangan yang relevan dalam konteks lokal
    6. Mahasiswa mampu bekerja sama dalam tim, terutama antar disiplin untuk menjabarkan konteks dimana isu keberlanjutan dipahami
    7. Mahasiswa mampu untuk mengkomunikasikan hasil pemikirannya dalam bentuk media populer
    8. Mahasiswa mampu untuk menerapkan etika terkait keberlanjutan saat terlibat dalam pengambilan keputusan
      Metode PembelajaranCeramah, diskusi kelas, diskusi kelompok, simulasi sederhana
      Modalitas PembelajaranBauran antara sinkron dan asinkron serta daring dan luring, pembelajaran berbasis problem, kerja bersama (team work)
      Jenis NilaiABCDE
      Metode Penilaiankuis, UTS, Tugas besar kelompok
      Catatan Tambahan