Kode Mata KuliahBI3203 / 2 SKS
Penyelenggara106 - Biologi / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahEvolusi Biologi: Konsep dan AplikasiEvolution Biology: Concept and Application
Bahan Kajian
  1. Seleksi alam
  2. Mikroevolusi: evolusi adaptif, evolusi netral, variasi genetik (mutasi, laju mutasi, genetic drift, ekspresi variasi genetik)
  3. Evolusi seks dan seleksi seksual
  4. Makroevolusi: konsep spesies, kriteria spesies, spesiasi, kepunahan, filogeni, sistematik, hubungan filogenetik, rekonstruksi filogenetik, teori koalesen, metode komparatif, historical biogeography, traits-filogeni
  5. Sejarah Kehidupan: peristiwa evolusi kunci dalam sejarah kehidupan, peristiwa geologis penting, catatan fosil
  6. Koevolusi: definisi, tipe (mutualisme, parasitisme, kompetisi, komensalisme), skala spasiotemporal, level (molekul, organel sel, jantan-betina, parents-offspring, gen dan kultur), prinsip, outcomes
  7. Evolusi manusia: Pleiocene radiation of Hominids, Out of Africa, sejarah evolusi manusia di Nusantara, implikasi proses evolusi pada kesehatan manusia, risiko dan ketahanan pada penyakit, virulensi dan atresia
  8. Evolusi dan konservasi biologis: dampak (evolusi) manusia pada kelestarian biodiversitas, aplikasi pengetahuan atas sejarah evolusi organisme pada konservasi biodiversitas
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mampu menjelaskan definisi dan proses evolusi biologis organisme secara ilmiah. (CPL 01)
    2. Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar dalam evolusi, khususnya terkait seleksi alam, mikroevolusi dan makroevolusi. (CPL 01)
    3. Mampu menjelaskan pengaruh faktor geologis dan ekologis pada kemunculan (spesiasi), kepunahan (extinction) dan persebaran organisme selama sejarah evolusinya. (CPL 01)
    4. Mampu menjelaskan nilai penting keragaman dalam proses evolusi biodiversitas. (CPL 06)
    5. Mampu menjelaskan dampak evolusi manusia pada kelestarian biodiversitas. (CPL 06)
    6. Mampu menjelaskan implikasi dari sejarah evolusi organisme pada strategi konservasi biologis, khususnya di area tropis Indonesia. (CPL 11)
    7. Mampu menjelaskan penggunaan prinsip-prinsip evolusi biologis pada bidang biologi terapan, khususnya terkait kesehatan dan konservasi biologis. (CPL 13)
      Metode PembelajaranCeramah Diskusi kelas Studi literatur Kerja kelompok Presentasi kelas
      Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB
      Catatan Tambahan