Bahan Kajian | - Seleksi alam
- Mikroevolusi: evolusi adaptif, evolusi netral, variasi genetik (mutasi, laju mutasi, genetic drift, ekspresi variasi genetik)
- Evolusi seks dan seleksi seksual
- Makroevolusi: konsep spesies, kriteria spesies, spesiasi, kepunahan, filogeni, sistematik, hubungan filogenetik, rekonstruksi filogenetik, teori koalesen, metode komparatif, historical biogeography, traits-filogeni
- Sejarah Kehidupan: peristiwa evolusi kunci dalam sejarah kehidupan, peristiwa geologis penting, catatan fosil
- Koevolusi: definisi, tipe (mutualisme, parasitisme, kompetisi, komensalisme), skala spasiotemporal, level (molekul, organel sel, jantan-betina, parents-offspring, gen dan kultur), prinsip, outcomes
- Evolusi manusia: Pleiocene radiation of Hominids, Out of Africa, sejarah evolusi manusia di Nusantara, implikasi proses evolusi pada kesehatan manusia, risiko dan ketahanan pada penyakit, virulensi dan atresia
- Evolusi dan konservasi biologis: dampak (evolusi) manusia pada kelestarian biodiversitas, aplikasi pengetahuan atas sejarah evolusi organisme pada konservasi biodiversitas
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan definisi dan proses evolusi biologis organisme secara ilmiah. (CPL 01)
- Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar dalam evolusi, khususnya terkait seleksi alam, mikroevolusi dan makroevolusi. (CPL 01)
- Mampu menjelaskan pengaruh faktor geologis dan ekologis pada kemunculan (spesiasi), kepunahan (extinction) dan persebaran organisme selama sejarah evolusinya. (CPL 01)
- Mampu menjelaskan nilai penting keragaman dalam proses evolusi biodiversitas. (CPL 06)
- Mampu menjelaskan dampak evolusi manusia pada kelestarian biodiversitas. (CPL 06)
- Mampu menjelaskan implikasi dari sejarah evolusi organisme pada strategi konservasi biologis, khususnya di area tropis Indonesia. (CPL 11)
- Mampu menjelaskan penggunaan prinsip-prinsip evolusi biologis pada bidang biologi terapan, khususnya terkait kesehatan dan konservasi biologis. (CPL 13)
|
|
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron
Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman | |
---|