Kode Mata Kuliah | GD5105 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 251 - Teknik Geodesi dan Geomatika / FITB |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Geodesi Fisik | Advanced Physical Geodesy |
---|
Bahan Kajian | - R1 Geodesi Fisis
- R5 Pemodelan dan Analisis Data Spasial
- R6 Pemetaan
- U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
- U3 Literasi data dan analisis
- U11 Sistem Referensi
| - R1 Physical Geodesy
- R5 Spatial Modeling and Data Analysis
- R6 Mapping
- U2 Critical thinking, Problem Solving, Decision Making
- U3 Data literacy and analysis
- U11 Reference Systems
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan tentang teori potensial yang terkait dengan medan gayaberat bumi.
- Mampu menjelaskan tentang problem nilai batas dalam potensial yang digunakan dalam penentuan bidang referensi.
- Mampu mengestimasikan parameter medan gayaberat bumi sebagai penyusun penentuan bidang referensi.
- Mampu mengaplikasikan sumber data gayaberat homogen dalam penentuan bidang referensi geoid.
- Mampu mengaplikasikan sumber data gayaberat heterogen dalam penentuan bidang referensi geoid.
- Memiliki pemahaman mendalam tentang medan gayaberat bumi dan parameternya dalam cakupan global serta lokal.
- Memiliki kemampuan analisis hasil dan penerapan hasil geodesi fisik terkait studi bidang geodesi dan bidang lainnya (misal Oseanografi, Geofisika, Kelautan dan perubahan iklim)
| - Able to explain the potential theory associated with the Earth's gravity field.
- Able to explain the boundary value problem in the potential used in determining the reference plane.
- Able to estimate the parameters of the Earth's gravity field as a constituent of determining the reference plane.
- Able to apply homogeneous gravity data sources in determining the geoid reference plane.
- Able to apply heterogeneous gravity data sources in the determination of the geoid reference plane.
- Have an in-depth understanding of the earth's gravity field and its parameters in global and local scopes.
- Have the ability to analyze the results and application of physical geodesy results related to geodetic studies and other fields (e.g. Oceanography, Geophysics, Marine and climate change).
|
---|
Metode Pembelajaran | Pembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran Berbasis Permasalahan | Lecturer Centered Learning (Knowledge Based Leaning), Student Centered Learning (Problem-based learning) |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring, Sinkron | Offline, Synchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tertulis (Uraian, Esai), Lisan (Presentasi), Tugas (Laporan, Demonstrasi) | Written (Description, Essay), Oral (Presentation), Assignments (Report, Demonstration) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|