Kode Mata Kuliah | BW3121 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Rekayasa Kehutanan / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Bioprospeksi Hutan | Forest Bioprospecting |
---|
Bahan Kajian | - Konsep bioprospeksi, bioprospek hutan dan kehidupan manusia
- Konsep biodiversitas tropika; biogeografi tumbuhan dan hewan
- Karakter tumbuhan : Pengenalan jenis tumbuhan hutan; karakter khas; metode identifikasi
- Eksplorasi jenis-jenis tumbuhan hutan berpotensi bioprospek
- Metabolit sekunder : Fungsi metabolit sekunder; Kelompok utama metabolit sekunder; Contoh tumbuhan penghasil metabolit sekunder
- Metode-metode dalam bioprospeksi tumbuhan: ethnobotanical study; koleksi dan preparasi, ekstraksi dan metode biproses
| - Concept of bioprospection, forest bioprospect and human life
- Concepts of tropical biodiversity; plant and animal biogeography
- Plant Characteristics: Introduction to forest plant species; distinctive features; identification methods
- Exploration of potential bioprospect forest plant species
- Secondary metabolites: Functions of secondary metabolites; Major groups of secondary metabolites; Examples of secondary metabolite-producing plants
- Methods in plant bioprospection: ethnobotanical studies; collection and preparation, extraction and biprocessing methods
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan biosain dan teknologi informasi untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang keragaman dan karakter jenis-jenis tumbuhan hutan yang bernilai bioprospek.
- Mampu menerapkan ilmu kehutanan dan rekayasa untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang eksplorasi dan pemanfaatan berbagai jenis tumbuhan hutan yang berpotensi bioprospeksi.
- Mampu merencanakan rancangan lapangan untuk menggali potensi dan prospek tumbuhan hutan untuk mendukung peningkatan pemanfaatannya dalam bioindustri
- Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam bidang bioprospeksi hutan
| - Able to apply bioscience and information technology to gain a comprehensive understanding of the diversity and character of forest plant species with bioprospect value.
- Able to apply forestry science and engineering to gain a comprehensive understanding of the exploration and utilization of various types of forest plants with bioprospection potential.
- Able to plan field designs to explore the potential and prospects of forest plants to support the improvement of their utilization in bioindustry.
- Able to analyze data and information, find solutions to problems and find new methods in the field of forest bioprospecting
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | Classroom/field learning process; Independent/group structured assignments; Group independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron
Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman | Absorption power: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Implementation power: Synchronous and Asynchronous
Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E) | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|