Kode Mata KuliahBW3121 / 2 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahBioprospeksi HutanForest Bioprospecting
Bahan Kajian
  1. Konsep bioprospeksi, bioprospek hutan dan kehidupan manusia
  2. Konsep biodiversitas tropika; biogeografi tumbuhan dan hewan
  3. Karakter tumbuhan : Pengenalan jenis tumbuhan hutan; karakter khas; metode identifikasi
  4. Eksplorasi jenis-jenis tumbuhan hutan berpotensi bioprospek
  5. Metabolit sekunder : Fungsi metabolit sekunder; Kelompok utama metabolit sekunder; Contoh tumbuhan penghasil metabolit sekunder
  6. Metode-metode dalam bioprospeksi tumbuhan: ethnobotanical study; koleksi dan preparasi, ekstraksi dan metode biproses
  1. Concept of bioprospection, forest bioprospect and human life
  2. Concepts of tropical biodiversity; plant and animal biogeography
  3. Plant Characteristics: Introduction to forest plant species; distinctive features; identification methods
  4. Exploration of potential bioprospect forest plant species
  5. Secondary metabolites: Functions of secondary metabolites; Major groups of secondary metabolites; Examples of secondary metabolite-producing plants
  6. Methods in plant bioprospection: ethnobotanical studies; collection and preparation, extraction and biprocessing methods
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menerapkan biosain dan teknologi informasi untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang keragaman dan karakter jenis-jenis tumbuhan hutan yang bernilai bioprospek.
  2. Mampu menerapkan ilmu kehutanan dan rekayasa untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang eksplorasi dan pemanfaatan berbagai jenis tumbuhan hutan yang berpotensi bioprospeksi.
  3. Mampu merencanakan rancangan lapangan untuk menggali potensi dan prospek tumbuhan hutan untuk mendukung peningkatan pemanfaatannya dalam bioindustri
  4. Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam bidang bioprospeksi hutan
  1. Able to apply bioscience and information technology to gain a comprehensive understanding of the diversity and character of forest plant species with bioprospect value.
  2. Able to apply forestry science and engineering to gain a comprehensive understanding of the exploration and utilization of various types of forest plants with bioprospection potential.
  3. Able to plan field designs to explore the potential and prospects of forest plants to support the improvement of their utilization in bioindustry.
  4. Able to analyze data and information, find solutions to problems and find new methods in the field of forest bioprospecting
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokClassroom/field learning process; Independent/group structured assignments; Group independent activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahamanAbsorption power: Visual; Auditorial; Kinesthetic Implementation power: Synchronous and Asynchronous Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E)Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E)
Catatan Tambahan