| Kode Mata Kuliah | SP6011 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 240 - Studi Pembangunan / SAPPK |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Teori dan Metode untuk Kajian Sosioteknis | Theory and Method for Sociotechnical Studies |
|---|
| Bahan Kajian | - Teori dan Etika dari suatu permasalahan pembangunan
- Prinsip-prinsip teori dasar sosioteknis dan jejaring aktor
- Prinsip-prinsip pemahaman sosial terkait simbol, penggunaan dalam cara yang membuat asumsi-asumsi tentang sifat dari apa yang dirakit
- Metode empiris sosioteknis
| - Theory and Ethics of development problems
- Principles of basic sociotechnical theory and actor networks
- The principles of social understanding concern symbols, their use in ways that make assumptions about the nature of what is assembled
- Sociotechnology empirical methods
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memahami dimensi sosio-teknis dari masalah pembangunan
- Mampu menilai dan merumuskan masalah pembangunan berdasarkan kajian empiris
- Mampu menggunakan metode sosio-teknis untuk berinteraksi dan berdialog secara konstruktif dengan para pemangku kepentingan pembangunan
- Mampu menggunakan metode sosio-teknis untuk mendapatkan kesimpulan secara mandiri, berkaitan dengan masalah pembangunan
| - Understand the socio-technical dimensions of development problems
- Able to assess and formulate development problems based on empirical studies
- Able to use socio-technical methods to interact and dialogue constructively with development stakeholders
- Able to use socio-technical methods to obtain conclusions independently, relating to development problems
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Penyajian materi kuliah, diskusi/perdebatan, studi kasus lapangan, analisis empiris dan sintesis | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Akuisisi pengetahuan terstruktur, berpikir independen/kritis, pembelajaran berbasis masalah, membuat kesimpulan berdasarkan temuan empiris | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Penilaian penguasaan materi, penilaian karya tulis ilmiah, penilaian presentasi | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|