Kode Mata Kuliah | AR6231 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 252 - Arsitektur / SAPPK |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Teori dan Kritik Arsitektur | Architectural Theory and Criticism |
---|
Bahan Kajian | - BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi.
- BK 1.2 Sejarah dan Budaya Arsitektur Dunia: keragaman sejarah dan budaya arsitektur dunia.
- BK 1.3 Sejarah dan Tradisi Arsitektur Indonesia: filosofi, prinsip arsitektur dan tradisi budaya arsitektur Indonesia yang unik.
- BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan.
| - BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology.
- BK 1.2 World Architectural History and Culture: the diversity of world architectural history and culture.
- BK 1.3 Indonesian Architectural History and Traditions: the philosophy, architectural principles and cultural traditions of Indonesia's unique architecture.
- BK 1.4 Architecture and Society: the factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu melakukan analisis karya arsitektur atau lingkungan binaan secara tajam dan komprehensif dalam kaitan dengan konteks yang lebih luas (politik, ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan fisik), berdasarkan pengetahuan teoritik dan metode kritik yang telah dikuasainya.
- Mahasiswa mampu mengembangkan alternatif perspektif kritis untuk mendiskusikan fenomena arsitektur dan lingkungan binaan di dunia.
- Mahasiswa mampu mengembangkan alternatif perspektif kritis untuk mendiskusikan fenomena arsitektur dan lingkungan binaan di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengetahuan tentang teori kritis (Critical theories) teori arsitektur kontemporer arus utama, alternatif perspektif kritis berdasarkan dan menyajikannya dalam bentuk karya tulis ilmiah.
| - Students are able to analyze architectural works or built environments sharply and comprehensively in relation to a broader context (political, economic, social, cultural, and physical environment), based on theoretical knowledge and criticism methods they have mastered.
- Students are able to develop alternative critical perspectives to discuss architectural and built environment phenomena globally.
- Students are able to develop alternative critical perspectives to discuss architectural and built environment phenomena in Indonesia.
- Students are able to explain knowledge about critical theories, mainstream contemporary architectural theories, alternative critical perspectives, and present this knowledge in the form of scientific writing.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah Tatap Muka
Pembelajaran Kolaboratif | In-person Lectures
Collaborative Learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daring/Bauran/Luring
Sinkron/Asinkron
Mandiri/Kelompok | Online/Blended/In-person
Synchronous/Asynchronous
Individual/Group |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian Tengah Semester (UTS) - Tugas Kelompok (Draft)
Ujian Akhir Semester (UAS) - Tugas Kelompok (Final) | Midterm Exam - Group Assignment (Draft)
Final Exam - Group Assignment (Final) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|