Kode Mata KuliahII3130 / 3 SKS
Penyelenggara182 - Sistem dan Teknologi Informasi / STEI
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahArsitektur EnterpriseEnterprise Architecture
Bahan Kajian
  1. Arsitektur Enterprise (EA): Definisi, Proses, dan Penggerak
  2. Merancang Strategi Arsitektur Enterprise
  3. Kerangka Kerja Arsitektur Enterprise
  4. Arsitektur Bisnis
  5. Arsitektur Data
  6. Arsitektur Aplikasi
  7. Arsitektur Teknologi
  8. Arsitektur Keamanan
  9. Peluang dan Solusi: Peta Jalan EA
  10. Implementasi EA dan Perencanaan Migrasi
  11. Tata Kelola Implementasi EA
  12. Manajemen Perubahan EA
  1. Enterprise Architecture (EA): Definition, Process, and Drivers
  2. Designing an Enterprise Architecture Strategy
  3. Enterprise Architecture Framework
  4. Business Architecture
  5. Data Architercture
  6. Application Architecture
  7. Technology Architecture
  8. Security Architecture
  9. Opportunities and Solutions: EA Roadmap
  10. EA Implementation and Migration Planning
  11. EA Implementation Governance
  12. EA Change Management
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menjelaskan definisi, proses, drivers, dan peran EA dalam suatu organisasi atau enterprise
  2. Menjelaskan bagaimana proses implementasi, tata kelola, dan manajemen perubahan dari EA
  3. Membuat katalog, matriks, maupun diagram untuk menggambarkan arsitektur bisnis, data, aplikasi, teknologi, dan keamanan dari sebuah enterprise
  4. Membuat roadmap sederhana dari kondisi EA saat ini (as-is) menjadi kondisi yang diinginkan (to-be)
  1. Explains the definition, processes, drivers, and role of EA in an organization or enterprise
  2. Explains the implementation, governance and change management process of EA
  3. Create catalogs, matrices and diagrams to describe the business architecture, data, applications, technology and security of an enterprise
  4. Create a simple roadmap from the current EA condition (as-is) to the desired condition (to-be)
Metode PembelajaranCeramah dan pembelajaran berbasis proyekLectures and project-based learning
Modalitas PembelajaranSinkron visualSynchronous visual
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS, UAS, Kuis, dan TugasMid-term exam, final exam, quizzes, and assignments
Catatan Tambahan