Kode Mata KuliahBW3122 / 3 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahEkologi dan Pengelolaan Hidupan Liar (P)Ecology and Wildlife Management (P)
Bahan Kajian
  1. Dasar-dasar ekologi terkait hidupan liar: kebutuhan, asesmen dan klasifikasi habitat; biodiversitas dan biologi konservasi; dinamika populasi hidupan liar
  2. Pengelolaan hidupan liar: strategi pengelolaan hidupan liar; restorasi habitat hidupan liar; praktik pengelolaan hutan berkelanjutan; integrasi hidupan liar dalam rencana pengelolaan hutan; dampak kegiatan pengelolaan hutan terhadap hidupan liar
  3. Teknik dalam pengelolaan hidupan liar: metode survei dan monitoring; aplikasi GIS, remote sensing, telemetri dan pemodelan distribusi spasial; metode analisis dan interpretasi data
  4. Konflik manusia-hidupan liar: jenis-jenis konflik manusia dengan hidupan liar; strategi mitigasi konflik manusia-hidupan liar; kajian contoh mitigasi konflik manusia-hidupan liar
  5. Perubahan iklim dan hidupan liar: dampak perubahan iklim terhadap hidupan liar dan ekosistem hutan; strategi adaptasi untuk konservasi hidupan liar; peran hutan dalam mitigasi perubahan iklim dan konservasi hidupan liar
  6. Kebijakan terkait pengelolaan hidupan liar: kebijakan nasional dan internasional konservasi hidupan liar; kerangka hukum pengelolaan hutan dan hidupan liar; peran perjanjian/organisasi internasional (CBD, IUCN, CITES, dsb.).
  1. Basics of wildlife ecology: habitat requirements, assessment and classification; biodiversity and conservation biology; wildlife population dynamics
  2. Wildlife management: wildlife management strategies; wildlife habitat restoration; sustainable forest management practices; integration of wildlife in forest management plans; impacts of forest management activities on wildlife
  3. Wildlife management techniques: survey and monitoring methods; applications of GIS, remote sensing, telemetry and spatial distribution modelling; data analysis and interpretation methods
  4. Human-wildlife conflict: types of human-wildlife conflict; strategies for mitigating human-wildlife conflict; study of examples of human-wildlife conflict mitigation
  5. Climate change and wildlife: impacts of climate change on wildlife and forest ecosystems; adaptation strategies for wildlife conservation; role of forests in climate change mitigation and wildlife conservation
  6. Wildlife management policies: national and international wildlife conservation policies; legal frameworks for forest and wildlife management; role of international agreements/organizations (CBD, IUCN, CITES, etc.).
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip terkait ekologi dan pengelolaan hidupan liar
  2. Mampu memahami keterkaitan antara hidupan liar dengan ekosistem hutan secara keseluruhan, khususnya dalam konteks hutan tropika
  3. Mampu menjelaskan strategi pengelolaan hutan secara berkelanjutan yang mendukung upaya konservasi hidupan liar
  4. Mampu mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam asesmen habitat dan monitoring populasi hidupan liar
  5. Mampu mengembangkan solusi mitigasi konflik antara manusia dan hidupan liar yang mempertimbangkan aspek ekologi, ekonomi, kebiajkan, dan sosial-budaya
  6. Mampu merencanakan dan menyiapkan bahan presentasi yang efektif dan menarik dengan menggunakan berbagai media pendukung
  7. Mampu melaksanakan presentasi secara oral dan atau tulisan yang sistematis dan mudah dipahami dan menjawab pertanyaan secara efektif dalam diskusi
  1. Able to understand the principles of wildlife ecology and management.
  2. Able to understand the relationships between wildlife species and the whole forest ecosystems, particularly in the context of tropical forest
  3. Able to explain strategies for sustainable forest management that support wildlife conservation efforts
  4. Able to develop skills required for wildlife habitat assessment and population monitoring
  5. Able to develop solutions for mitigating conflicts between humans and wildlife by considering ecological, economic, policies and socio-cultural aspects
  6. Able to plan and prepare effective and interesting presentation materials using various supporting media
  7. Able to carry out oral and/or written presentations that are systematic and easy to understand and answer questions effectively during discussions
Metode PembelajaranCeramah, Paper review, Diskusi kelas, Studi Literatur, Praktikum, Kegiatan lapangan, Simulasi, Kerja kelompok, Presentasi KelasLectures, Paper review, Class discussion, Literature study, Practicum, Field activities, Simulation, Group work, Class presentation
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahamanAbsorption ability: Visual; Auditory; Kinesthetic Execution ability: Synchronous and Asynchronous Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E)Letter grade standards and grade index according to ITB's academic regulations (A, AB, B, BC, C, D, E system)
Catatan Tambahan