Kode Mata Kuliah | BW2201 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Rekayasa Kehutanan / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan (P) | Plant Anatomy and Physiology (P) |
---|
Bahan Kajian | - Organisasi tumbuhan, struktur dan fungsi sel; jaringan dasar, dermal dan jaringan pembuluh (xilem & floem); struktur dan perkembangan organ akar, batang dan daun; modifikasi organ;
- Proses-proses fisiologis yang terjadi pada tumbuhan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya mencakup fotosintesis ; respirasi (aerob dan anaerob) ; translokasi air dan unsur hara dari dalam tanah ; nutrisi mineral (klasifikasi nutrisi berdasarkan jumlah yang dibutuhkan (hara makro dan mikro), mobilitas dan fungsi ; hormon (fitohormon) dan pengaruhnya pada tumbuhan.
| - Plant organization, cell structure and function; ground tissue, dermal and vascular tissue (xylem & phloem); structure and development of root, stem and leaf organs; organ modification;
- Physiological processes in plants and the factors that influence them include photosynthesis; respiration (aerobic and anaerobic); translocation of water and nutrients from the soil; mineral nutrition (classification of nutrients based on the amount needed (macro and micro nutrients), mobility and function; hormones (phytohormones) and their effects on plants.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan ilmu kehutanan dan rekayasa untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang prinsip-prinsip rekayasa kehutanan.
- Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada aspek rekayasa hutan dengan menggunakan metode yang sesuai.
- Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam penyelesaian permasalahan aspek rekayasa hutan.
- Mampu merencanakan dan menyiapkan bahan presentasi yang efektif dan menarik dengan menggunakan berbagai media pendukung.
- Mampu melaksanakan presentasi secara oral dan atau tulisan yang sistematis dan mudah dipahami dan menjawab pertanyaan secara efektif dalam diskusi.
| - Able to apply forestry science and engineering to gain a comprehensive understanding of forestry engineering principles.
- Able to identify and formulate problems and objectives to be achieved in aspects of forest engineering using appropriate methods.
- Able to analyze data and information, find solutions to problems and find new methods in solving problems in forest engineering aspects.
- Able to plan and prepare effective and interesting presentation materials using various supporting media.
- Able to carry out oral and/or written presentations that are systematic and easy to understand and answer questions effectively in discussions.
|
---|
Metode Pembelajaran | Tatap Muka, Tugas Terstruktur, Tugas Mandiri, Praktikum, Tugas Kelompok. | Face to face, Structured Assignments, Independent Assignments, Practicum, Group Assignments. |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual, Auditorial, Sinkron dan Asinkron | Visual, Auditory, Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Sistem Nilai Huruf Mutu (A, AB, B, BC, C, D dan E) | Letter Grade System (A, AB, B, BC, C, D and E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|