Kode Mata Kuliah | BW2103 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Rekayasa Kehutanan / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penginderaan Jauh dan SIG Kehutanan (P) | Remote Sensing and Geographic Information System of Forestry (P) |
---|
Bahan Kajian | - Bahasa Peta
- Prinsip Dasar Remote Sensing
- Interpretasi Citra Visual dan digital
- Pemanfaatan teknologi Drone
- Prinsip dasar Sistem Informasi Geografis (SIG) Kehutanan
- Studi Kasus Perencanaan Wilayah Hutan
- Studi Kasus Jasa Ekosistem Hutan
- Studi Kasus Rehabilitasi Hutan
| - Map Language
- Basic Principles of Remote Sensing
- Interpretation of Visual and digital Images
- Utilization of Drone technology
- Basic principles of Forestry Geographic Information Systems (GIS).
- Forest Area Planning Case Study
- Forest Ecosystem Services Case Study
- Forest Rehabilitation Case Study
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan prinsip dasar penginderaan jauh dan sistem informasi geografis untuk mendukung perancangan pemulihan ekosistem hutan dengan mempertimbangkan aspek ekologi, ekonomi dan sosial secara lestari.
- Mampu menjelaskan prinsip dasar penginderaan jauh dan sistem informasi geografis untuk mendukung perancangan peningkatan produktivitas hutan dengan mempertimbangkan aspek ekologi, ekonomi dan sosial secara lestari.
- Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada aspek rekayasa hutan dengan menggunakan metode yang sesuai yang mengintegrasikan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis.
- Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam penyelesaian permasalahan aspek rekayasa hutan, yang mengintegrasikan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis.
- Mampu merencanakan dan menyiapkan bahan presentasi yang efektif dan menarik dengan menggunakan berbagai media pendukung.
- Mampu melaksanakan presentasi secara oral dan atau tulisan yang sistematis dan mudah dipahami dan menjawab pertanyaan secara efektif dalam diskusi.
| - Able to explain the basic principles of remote sensing and geographic information systems to support the design of forest ecosystem restoration by considering ecological, economic and social aspects in a sustainable manner.
- Able to explain the basic principles of remote sensing and geographic information systems to support the design of increasing forest productivity by considering ecological, economic and social aspects in a sustainable manner.
- Able to identify and formulate problems and objectives to be achieved in forest engineering aspects using appropriate methods that integrate remote sensing technology and geographic information systems.
- Able to analyze data and information, find solutions to problems and find new methods in solving problems in forest engineering aspects, which integrate remote sensing technology and geographic information systems.
- Able to plan and prepare effective and interesting presentation materials using various supporting media.
- Able to carry out oral and/or written presentations that are systematic and easy to understand and answer questions effectively in discussions.
|
---|
Metode Pembelajaran | Tatap muka, tugas mandiri, tugas kelompok, diskusi | Face to face lectures, independent assignments, group assignments, discussions |
---|
Modalitas Pembelajaran | visual, auditorial, kinestetik, sinkronous dan asinkronous | visual, auditory, kinesthetic, synchronous and asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Hasil penilaian akhir adalah berdasarkan proporsi masing-masing penilaian seperti: 1) UTS : 25 % 2) UAS : 30 % 3) Praktikum : 15 % 4) Tugas analisis spasial kawasan : 20% 5) Test Essay (Quiz) : 10% | The final assessment results are based on the proportion of each evaluation as follows: Midterm Exam 1) (UTS): 25% Final Exam 2) (UAS): 30% 3) Practicum: 15% 4) Spatial Area Analysis Assignment: 20% 5) Essay Test (Quiz): 10% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|