Kode Mata KuliahBW2206 / 2 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahIlmu Tanah dan Sumberdaya LahanSoil Science and Land Resources
Bahan Kajian
  1. Tanah sebagai media tumbuh tanaman dan tubuh alami: faktor-faktor berpengaruh pada pertumbuhan tanaman, hubungan tanah dengan akar tanaman, kesuburan dan produktifitas tanah, bahan induk tanah, proses dan pembentukan tanah, dan tanah sebagai tubuh alami bagi tanaman.
  2. Sifat fisik tanah: tekstur, struktur, konsistensi, bulk density, ruang pori dan porositas, serta warna tanah.
  3. Sifat kimia tanah: komposisi kimia tanah, pertukaran ion, dan pH tanah.
  4. Biota tanah: biota tanah dalam ekosistem tanah dan tumbuhan, serta kelompok dan peran biota tanah pada kualitas tanah.
  5. Klas dan kemampuan lahan: penggunaan sumberdaya lahan, pengelompokkan sumberdaya lahan, kemampuan lahan, kualitas karakteristik dan kriteria penciri lahan, syarat penggunaan lahan/tumbuh tanaman, klasifikasi kesesuaian sumberdaya lahan, dan evaluasi kesesuaian sumberdaya lahan.
  6. Degradasi sumberdaya lahan dan pemulihannya: kriteria lahan kritis, faktor-faktor berpengaruh pada degradasi tanah dan sumberdaya lahan, dan teknik pemulihan tanah dan sumberdaya lahan terdegradasi.
  1. Soil as a medium for plant growth and natural bodies: factors influencing plant growth, the relationship between soil and plant root, soil fertility dan productivity, soil parent materials, soil processes and formation, and soil as a natural body for palnts.
  2. Soil physical properties: texture, structure, consistency, bulk density, pore space and porosity, and colour of soil.
  3. Soil chemical properties: soil chemical composition, ion exchange, and soil pH.
  4. Soil biota: soil biota in soil and plant ecosystems, classification and roles of soil biota in soil quality.
  5. Land classes and capabilities: use of land resources, classification of land resources, land capabilities, quality characteristics and criteria land requirements, land use/palnt growing, classification site matching, and evaluation of land resources.
  6. Land roesources degradation and its restoration: critical land criteria, factors influencing to soil and land resources degradation, and techniques for restoring degraded soil and land resources.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu merencanakan rancangan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan untuk memecahkan permasalahan aspek rekayasa tanah dan sumberdaya lahan hutan
  2. Mampu mengimplementasikan rancangan eksperimen dan/atau lapangan untuk memecahkan permasalahan aspek rekayasa tanah dan sumberdaya lahan hutan
  3. Mampu memilih metode tepat yang digunakan dalam praktik rekayasa tanah dan lahan hutan
  4. Mampu bekerja sama dalam kelompok sesuai dengan tugas dan keahlian yang diberikan dengan penuh kesadaran dan kesungguhan dalam merekayasa tanah dan lahan hutan
  5. Mampu menjaga kekompakan kelompok dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan adat istiadat dan budaya dalam rekayasa tanah dan lahan hutan
  1. Able to plan laboratory and/or field experimental designs to solve problems in the engineering aspects of soil and land resources forest
  2. Able to implement experimental and/or field designs to solve problems in the engineering aspects of soil and resources forest
  3. Able to choose appropriate methods used in the practice of forest soil and land resources engineering
  4. Able to work together in groups according to the tasks and expertise given with awareness and seriousness in engineering soil and land resources forest
  5. Able to maintain group cohesiveness by respecting each other and appreciating differences in customs and culture in soil and land resources forest engineering
Metode PembelajaranTatap Muka, Tugas Mandiri, Tugas KelompokLecture, Individual Assignment, Group Assignment
Modalitas PembelajaranVisual, Auditorial, Sinkron dan AsinkronVisual, Auditorial, Synchronous, and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianNilai Huruf (A, AB, B, BC, C, D dan E)Letter grade (A, AB, B, BC, C, D dan E)
Catatan Tambahan